Cerita Singkat Kenapa Dahulu Kawasaki Pakai Nama Binter ?

Buat yang masih awam, tahukah Otolover jika motor dengan merek 'Binter' merupakan motor buatan Kawasaki. Begini ceritanya.

Kamis, 24 Agustus 2017 12:45
Foto: Istimewa
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Bagi yang masih awam dalam dunia 'pemotoran', sepeda motor klasik dengan merek Binter mungkin masih asing untuk didengar. Namun tahukah Otolover jika motor dengan merek 'Binter' tersebut merupakan motor buatan Kawasaki.

Nah, bagaimana ceritanya, merek Kawasaki bisa menjadi Binter?

Dari sejumlah informasi, produsen asal Jepang ini pertama kali masuk pasar sepeda motor di Indonesia pada tahun 1980-an. Pada awal menjajaki pasar tanah air tersebut, Kawasaki Heavy Industry (KHI), bekerjasama dengan PT. Bintang Terang untuk menjual sejumlah produk sepeda motor-nya.

Pada waktu itu semua motor Kawasaki yang dijual di Indonesia tidak memakai nama Kawasaki seperti yang sekarang, tapi menggunakan nama 'Binter'. Nah, untuk nama 'Binter' sendiri itu diambil dari singkatan 'Bintang Terang'.

Dari beberapa catatan, sepeda motor dengan merek Binter tersebut diantaranya, Binter GTO, Binter AR125, Binter KE 125, Binter Joy dan Binter KZ200 yang kemudian dikenal dengan Binter Mercy 200.

Namun penggunaan merek Binter pada sepeda motor buatan Kawasaki tidak berlangsung lama, pada tahun sekitaran 1984-1985 Kawasaki menutup usahanya di Indonesia dan memutus hubungan dengan PT. Bintang Terang. Alasan penutupan tersebut karena sebuah kasus, sang pemilik PT. Bintang Terang yang diketahui namanya Eddy Tanzil menjadi buron ke luar negeri.

Setelah kejadian tersebut, sekitar satu tahun kemudian, Kawasaki kembali menjual produknya di Indonesia dengan nama PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI), dan tidak lagi menggunakan nama "Binter". Kembalinya Kawasaki tersebut pada tahun 1996.

[pos_1]

(kpl/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami