Simak, Ini Cara Pasang Kapasitor Motor dan Cara Kerjanya

Begini cara pasang kapasitor motor dan cara kerjanya. Simak selengkapnya!

Sabtu, 07 Mei 2022 09:30
Simak, Ini Cara Pasang Kapasitor Motor dan Cara Kerjanya Ilustrasi motor (Otosia)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Kapasitor merupakan salah satu komponen penting yang terletak pada motor listrik. Tanpa dilengkapi oleh kapasitor, motor listrik dan beberapa benda yang menggunakan tenaga listrik tidak dapat bekerja. 

Otolovers perlu memperhatikan dengan baik ketika sedang memasang komponen yang satu ini. Hal ini dikarenakan jika kalian mengalami kesalahan maka akan menyebabkan kerusakan yang fatal. Dikutip dari beberapa sumber, berikut cara memasang kapasitor yang benar.

1 dari 2 Halaman

Cara Pasang Kapasitor Motor

Sejatinya, kapasitor yang digunakan pada motor listrik adalah tipe non polar yang terbuat dari material cairan elektrolit. Sehingga, otolovers tak perlu khawatir tertukar untuk pemasangannya, karena bersifat bebas.

Untuk pemasangannya sendiri dengan cara masing-masing kedua terminal kapasitor start dihubungkan pada sumber tegangan dan terminal salah satu saklar atau switch sentrifugal. Sistem wiring dan warna kabel kapasitor setiap mesin berbeda, sehingga pada saat pemasangan , tidak bisa berpatokan pada warna kabel. 

Selain itu untuk memasang kapasitor ini, harus dipasang secara paralel sehingga menyebabkan kecilnya hambatan dan bisa menghitung besarnya kapasitor yang dihasilkan. 

2 dari 2 Halaman

Cara Kerja Kapasitor

Secara umum, pada sebuah motor dilengkapi dengan dua buah kapasitor untuk menunjang daya tambahan yang terletak pada kumparan. Pada saat motor pertama kali dinyalakan, arus akan bekerja menuju kumparan utama. Akibatnya, kumparan utama dapat menghasilkan gaya induksi magnet yang berada di sekitar kumparan. 

Pada kondisi ini, kumparan bantu sangat diperlukan agar dapat menambah daya pada magnet yang berfungsi sebagai pemutar motor. Ketika perputaran motor telah  mencapai 75% dari rotor maksimumnya, secara bersamaan saklar sentrifugal akan memutus hubungan antara kapasitor rangkaian dengan rangkaian.  

Meskipun kondisi kapasitor telah terputus, akan tetapi putaran kedua rotor tetap dipertahankan oleh kedua kumparan. 

Demikian, cara memasang kapasitor pada motor yang benar. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Otolovers semuanya. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

(kpl/ahm)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami