Simak, Ini 8 Tindakan yang Bisa Menyelamatkan Jiwa saat Terjadi Rem Blong

Perhatikan baik-baik, ini solusi saat terjadi tem blong ketika mengendarai mobil

Rabu, 11 November 2020 08:15
Simak, Ini 8 Tindakan yang Bisa Menyelamatkan Jiwa saat Terjadi Rem Blong Ilustrasi mobil akan mengerem di parkiran (Liputan6.com)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Salah satu permasalahan yang kerap dijumpai di jalan raya adalah rem blong. Pengendara mobil yang mengalami hal ini pasti akan panik. Sebab jika rem tidak berfungsi, tentu bisa menyebabkan kecelakaan.

Akan tetapi, pengendara harus mengetahui tindakan yang patut dilakukan saat terjadi rem blong. Melansir dari laman Suzuki Indonesia, berikut ini sederet cara yang bisa dilakukan saat rem blong.

1 dari 8 Halaman

1) Terus Pompa Rem

Jika saat mengendarai mobil dan tahu bahwa remnya mendadak blong, langkah yang bisa diambil adalah terus memompanya. Pengemudi harus terus memompa rem agar tekanannya bisa kembali seperti sedia kala. Jika kendaraan mendadak beralih ke anti locking braking atau ABS, terus pompa saja.

Lama kelamaan, tekanan di rem akan kembali seperti semula. Namun, jika saat dipompa rem terasa kasar ataupun berat, mungkin di bagian pedalnya ada sesuatu. Otolovers bisa memeriksa bagian rem untuk mengetahui benda apa yang mengganjal di bagian pedalnya.

2 dari 8 Halaman

2) Menurunkan Gigi Transmisi

Cara di atas adalah yang paling mudah untuk mengatasi rem blong. Namun, jika cara pertama tidak berhasil maka silahkan turunkan bagian gigi transmisinya. Manfaatkanlah efek dari engine brake untuk menurunkan bagian gigi transmisi di pedal mobil.

Dalam hal ini, ada tahapan yang perlu dilakukan. Pertama, pastikan dulu mobil Otolovers manual bukan mobil matik. Jika manual maka caranya turunkan bagian gigi transmisi secara bertahap dan lakukanlah dengan gerakan cepat.

Jika sedang memakai gigi nomor 4, maka turunkan dalam gerakan cepat secara bertahap sampai gigi yang pertama. Jangan sampai pengemudi menurunkannya tidak bertahap, misalnya dari empat langsung ke gigi nomor dua.

Hal itu akan menyebabkan mobil tidak terkendali. Namun, jika mobil Anda termasuk kedalam jenis transmisi otomatis atau matik, maka caranya adalah sebaliknya. Langsung diturunkan saja ke gigi nomor 1.

Jadi, tidak perlu menurunkannya secara bertahap seperti mobil jenis manual. Cara ini akan membuat mobil Otolovers melaju lebih lambat saat rem blong. Lama kelamaan rem akan kembali seperti semula. Pastikan Otolovers bisa melakukannya supaya tidak terjadi hal yang buruk ketika mobil sedang dikemudikan.

3 dari 8 Halaman

3) Gunakan Rem Tangan

Jika cara pertama dan kedua masih gagal, Otolovers bisa menggunakan rem tangan. Tentu Otolovers disini harus ekstra hati-hati ketika melakukannya. Saat hendak mengerem, lakukanlah secara perlahan. Caranya tarik rem tangan secara hati-hati dan rasakan gigitannya di bagian caliper roda.

Jika rem terasa sudah menggigit maka jangan lepaskan dan biarkan sampai laju mobil semakin melambat. Otolovers juga harus bisa mengatur tekanan rem tersebut agar tidak mendadak kehilangan kendali. Ingat, jangan lakukan secara mendadak, itu bisa membahayakan diri Otolovers dan pengendara lain di jalan.

4 dari 8 Halaman

4) Tekan Tombol Lampu Hazard dan Klakson

Sebenarnya, jika mobil Otolovers mendadak mengalami rem blong, yang perlu dilakukan adalah langsung tekan klakson dan nyalakan lampu hazard. Cara ini dilakukan untuk memberi sinyal kepada kendaraan lain agar tahu bahwa rem mobil Otolovers sedang blong. Pastikan bahwa Otolovers dalam keadaan tenang.

Jangan sampai panik karena itu akan membahayakan Otolovers dan orang di sekitar. Lalu, injak pedalnya secara perlahan. Jika pedalnya bisa menyentuh lantai mobil mungkin minyak rem di mobil Otolovers berkurang. Bisa juga ada masalah di beberapa bagian seperti master silinder dan kaliper rem.

5 dari 8 Halaman

5) Jangan Langsung Mematikan Mesin

Ketika Otolovers tahu bahwa keadaan rem mobil sedang tidak berfungsi, maka jangan langsung mematikan mesin. Jika Otolovers melakukannya, hal itu akan menyulitkan mobil untuk terus melaju. Rem jadi tidak bisa kembali seperti semula. Lakukanlah beberapa langkah di atas untuk mengembalikan kondisi rem.

6 dari 8 Halaman

6) Jangan Sampai Menginjak Pedal Gas

Menginjak pedal gas secara tiba-tiba saat rem dalam kondisi blong akan sangat membahayakan diri Otolovers. Bukannya malah melambat, mobil akan melaju dengan kecepatan tinggi. Mobil yang melaju dengan kecepatan tinggi dengan rem blong bisa menyebabkan kecelakaan di jalan raya.

7 dari 8 Halaman

7) Mengguncang Bagian Pedal Rem

Pengemudi bisa mengguncang bagian pedal rem jika mendadak blong, tapi ingat, jangan menginjaknya. Cukup guncang pedalnya secara perlahan sampai rem kembali ke kondisi semula. Terkadang yang menjadi penyebab rem mendadak blong adalah karena mengalami gangguan sistem.

8 dari 8 Halaman

8) Menabrak Benda yang Lunak

Cara yang satu ini hanya dilakukan jika tahapan di atas gagal untuk mengembalikan kondisi rem. Otolovers bisa melihat keluar jendela untuk mencari sesuatu yang lunak. Misalnya jika ada area berlumpur, langsung arahkan mobil kesana. Menabrakkan mobil ke sesuatu yang lunak bisa menghentikan lajunya.

Otolovers juga bisa menabrak benda-benda lain seperti gundukan pasir, pagar yang terbuat dari kayu dan sebagainya. Intinya cari benda yang aman untuk ditabrak supaya mobil bisa berhenti. Otolovers juga harus bisa memfokuskan pikiran antara menyetir mobil dan mencari benda yang lunak di sekitar.

Penulis: Arief Aszhari

Sumber: Liputan6.com

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami