Simak 4 Perbandingan Spesifik Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Dua mobil berharga hemat ini memiliki spesifikasi yang cukup identik. Tapi, seberapa identik? Simak ulasannya

Sabtu, 10 Desember 2016 12:30
Simak 4 Perbandingan Spesifik Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Sigra vs Calya (foto: Nazar Ray)

Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Kehadiran low cost green car (LCGC) 7-seater baru dari duet Toyota-Daihatsu meramaikan pilihan baru mobil murah di tanah air. Seperti para pendahulunya yang lahir dari kolaborasi Toyota-Daihatsu, Calya dan Sigra merupakan satu produk yang mirip namun berbeda. Keduanya merupakan representasi masing-masing brand dan melengkapi pilihan serta selera dari target konsumen.

Bagi Anda yang bingung menjatuhkan pilihan antara Calya dan Sigra, bisa lebih melihat perbedaan di antara keduanya. Mulai dari desain, fitur, dan harga, Calya dan Sigra menawarkan pilihan yang berbeda. Simak ulasannya berikut untuk mengetahui perbedaan Calya vs Sigra.

1 dari 4 Halaman

Desain

Desain

Tanpa harus memperhatikan dengan seksama, jelas tampak perbedaan antar penampilan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Area wajah menjadi lokasi pembeda utama, dengan grille Sigra tampil lebih kompak karena ada pemisah. Sementara Calya mewarisi desain wajah khas Toyota seperti milik Yaris dan Vios. Desain tersebut tentunya akan kembali kepada selera konsumen. Namun, grille Sigra terlihat lebih pas dari proporsi desain, di mana milik Calya seperti terpapar besar menganga.

Perbedaan lainnya di sisi wajah adalah posisi fog lamp atau lampu kabut. Calya memposisikan lampu kabutnya secara vertikal sementara Sigra horizontal. Letak keduanya sama-sama berada di bawah lampu depan utama. Selain itu, Sigra menggunakan emblem berlogo hurud S sedangkan Calya memasang emblem garuda. Banyak yang kurang menyukai emblem pada Calya sehingga kemudian hadir pilihan untuk menggantinya dengan emblem Toyota.

Pada varian tertinggi Sigra dibekali dengan aksen-aksen krom pada sejumlah bagian eksterior. Sementara Calya tampil polos minimalis apa adanya. Bagian pelek juga tampil berbeda. Calya untuk semua tipe sudah menggunakan pelek alloy. Untuk Sihra, hanya varian teratas yang menggunakan pelek alloy, sementara sisanya masih menggunakan pelek kaleng dengan tutup pelek sebagai pemanisnya.

Sektor kabin interior keduanya menggunakan layout yang sama termasuk desain dashboard nya. Perbedaannya hanya pada nuansa warna pada material pembungkus jok dan trim. Selain itu, pada Calya, bangku baris keduanya menawarkan tiga headrest. Pada Sigra hanya dua seperti yang biasa ditemui pada mobil kebanyakan.

2 dari 4 Halaman

Mesin dan Performa

Mesin dan Performa

Sejatinya, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra menggunakan jantung mekanis yang sama. Mesin berkode 3NR 4-Silinder berkapasitas 1.197 cc DOHC dengan teknologi katup variabel ganda Dual VVT-i. Daya dan torsi puncaknya pun sama, 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 108 Nm pada 4.200 rpm. Keduanya juga telah dilengkapi stabilizer dan Electronic Power Steering sebagai pendukung pengendalian l.

Yang menjadi pembeda adalah Daihatsu menawarkan Sigra dalam pilihan mesin lebih kecil, yakni 1KR-VE VVT-i. Mesin 3-silinder 998 cc tersebut tersedia pada varian bawah Sigra tipe D dan M dengan transmisi manual 5-speed.

3 dari 4 Halaman

Varian

Varian

Toyota Calya menawarkan dua tipe varian yakni E dan G, dengan varian G merupakan varian tertingginya. Kedua tipe ditawarkan dalam pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed. Untuk fitur pendukung keselamatan berkendara Calya cukup lengkap. Mulai dari sensor parkir mundur, dual SRS Airbag, ISOFIX, Immobilizer key dan rem ABS sebagai standar.

Sementara Sigra menawarkan lebih banyak varian tipe, mulai dari D, M, X, X Deluxe, R, dan R Deluxe. Mulai dari tipe M, Sigra juga menyediakan sensor parkir mundur dan Immobilizer. Dual SRS Airbag turut hadir pada Sigra mulai dari tipe X ke atas dan rem ABS tersedia pada pilihan transmisi otomatis. Satu fitur unik dari Sigra adalah Front Corner Sensor, yakni sensor yang terletak di bumper depan ujung dan akan mengingatkan jika jarak dengan objek di depan terlalu dekat. Fitur tersebut hanya tersedia pada varian tipe R Deluxe.

4 dari 4 Halaman

Harga

Harga

Toyota Calya dipasarkan mulai dari Rp 132 Juta-an sampai Rp 150 Juta untuk tipe teratas. Sementara Daihatsu Sigra mulai dari Rp 106 Juta-an sampai dengan Rp 144 Juta-an. Calya menawarkan pilihan tipe lebih sedikit namun paketnya sudah lengkap sementara kalau memilih Sigra harus pintar-pintar menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Pilihan terbaik Sigra adalah varian tertinggi dengan segala kelengkapannya.

 

(kpl/fjr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami