SIM Tanpa Skill Berkendara, Sama Saja Bohong

Setiap pengemudi kendaraan bermotor di Indonesia wajib memiliki Surat Izin Mengemudi. Namun, nyatanya, tak setiap pengendara memiliki dokumen tersebut. Bahkan, ada yang memiliki SIM namun minim keterampilan berkendara.

Selasa, 26 Juni 2018 18:15
Foto: Liputan6.com
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Setiap pengemudi kendaraan bermotor di Indonesia wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Namun, nyatanya, tak setiap pengendara memiliki dokumen tersebut. Bahkan, ada yang memiliki SIM namun minim keterampilan berkendara.

Terkait itu, Ketua Umum Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI), sekaligus Dewan Penasehat iVespa, Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna, mengatakan hal yang terpenting dalam berkendara ialah keterampilan.

"Ada yang naik Vespa atau naik motor itu memang baru, begitu dewasa punya uang, beli motor. Karena baru, dia belum berpengalaman, mungkin dia pernah ikut kursus naik motor, lulus, tapi itu kan baru legalitasnya dia lulus," jelas Nanan kepada Liputan6.com beberapa waktu lalu.

"Punya SIM, beli pula enggak ikut tes. Padahal tes itu tadi, untuk supaya dia terampil," lanjut dia.

Menurutnya, ketika sedang berada di jalan, pengendara harus siap mengantisipasi segala kejadian atau hal yang tak terduga.

"Pengalaman kan beda, kalau sedang normal ya semua orang bisa naik motor, begitu ada sesuatu yang tidak normal yang datang dari orang lain kan kita mesti sigap," ujarnya.

Nanan mengatakan, berkendara, terlebih menggunakan sepeda motor, bisa melatih refleks kita.

"Refleks itu penting, refleks mengendarai motor, kalau sedang normal kan asyik saja, tiba-tiba ada yang belok, ada jalan yang licin, ada oli, itu dia harus ada refleks dan tidak semua orang sama," kata dia.

"Refleks ini pengalaman saya, karena dia sudah biasa dengan motornya, sudah menguasai motornya. Kalau kita bisa kuasai motor, kita bisa kendalikan," tutur Nanan.

Sumber: Liputan6.com

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami