Siapakah Sesungguhnya Sosok 'Spirit of Ecstasy' Pada Mobil Rolls-Royce?

Merek mobil mewah asli Inggris, Rolls-Royce, selain terkenal akan kemewahannya, juga identik dengan ornamen yang menghiasi ujung kap mesinnya berjuluk "Spirit of Ecstasy".

Kamis, 23 November 2017 22:15
Foto: Rolls-Royce
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Merek mobil mewah asli Inggris, Rolls-Royce, selain terkenal akan kemewahannya, juga identik dengan ornamen yang menghiasi ujung kap mesinnya berjuluk "Spirit of Ecstasy".

Spirit of Ecstasy yang juga dikenal sebagai "Emily", "Silver Lady", dan "Flying Lady" merupakan sosok dari seorang wanita, maka ada satu pertanyaan besar yang harus diketahui jawabannya: siapa wanita misterius dibalik patung tersebut?

Cerita bermula ketika pada tahun 1909 John Walter Edward Douglas-Scott-Montagu, seorang penggemar otomotif sekaligus editor majalah The Car Illustrated, memperkenalkan balap mobil pada Raja Edward.

Montagu adalah teman dekat Charles Rolls dan Claude Johnson yang merupakan pendiri Rolls-Royce bersama Henry Royce.

Rolls-Royce Silver Ghost

Meskipun kala itu produk-produk Rolls-Royce sudah banyak dipublikasikan oleh Montagu, namun ada satu kekurangan yang sangat dirasakan oleh Raja Edward dan masyarakat Inggris, yaitu tidak adanya maskot atau lambang perusahaan.

Karena desakan tersebut akhirnya Montagu menemui Charles Robinson Sykes, rekan kerja sekaligus ilustrator terkenal pada saat itu.

Montagu meminta Sykes untuk merancang sebuah maskot yang bisa mewakili mobil Rolls-Royce yang cepat dan tidak berisik, tidak ada getaran, serta menggambarkan energi besar dari makhluk hidup misterius yang indah dan luar biasa.

Tidak butuh waktu lama bagi Sykes untuk merealisasikan permintaan Montagu. Di tahun yang sama, dia menghadiahi Montagu (sekaligus Rolls-Royce) sebuah patung perunggu berbentuk wanita bersayap yang sedang membungkukkan badan.

Eleanor Velasco Thornton

Sykes memberi nama karya tersebut sebagai Spirit of Ecstasy, jiwa yang penuh suka cita. Ketika Sykes diminta membuat maskot Rolls-Royce, Montagu mempunyai sekretaris bernama Eleanor Velasco Thornton yang telah bekerja bersamanya sejak 1902. Wanita inilah yang akhirnya dijadikan model Spirits of Ecstasy atas permintaan Montagu pribadi.

Eleanor Velasco Thornton sebagai model Spirits of Ecstasy bukanlah suatu pemaksaan pribadi Montagu, karena wanita yang juga berprofesi sebagai artis dan model ini sudah sering dijadikan model lukisan dan patung karya Sykes, termasuk The Whisperer.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami