Siap-Siap, Suzuki XL7 Meluncur Akhir Pekan ini

Suzuki XL7 2020 dipastikan akan meluncur akhir pekan ini. Mobil SUV berbasis Suzuki Ertiga itu akan mejadi pesaing Honda BR-V dan Mitsubishi Xpander Cross.

Selasa, 11 Februari 2020 11:45
Siap-Siap, Suzuki XL7 Meluncur Akhir Pekan ini Suzuki XL7 2020 (Istimewa)

Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Sport utility vehicle (SUV) tujuh penumpang Suzuki XL7 akan diluncurkan akhir pekan ini. Berdasarkan undangan yang beredar di kalangan media, penampakan resmi Suzuki XL7 akan berlangsung Sabtu pagi, 15 Februari 2020, di salah satu hotel berbintang di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur.

"Dalam rangka pengembangan produk Suzuki, kami mengajak rekan-rekan untuk hadir pada peluncuran salah produk SUV terbaru kami yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 15 Februari 2020," tulis PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam surat undangannya.

Peluncuran SUV XL7 yang dikemas dalam kegiatan Suzuki Fun Day, sekaligus menjadi jawaban pasti Suzuki terkait harga yang sudah beredar di diler-diler resmi Suzuki.

Seperti diberitakan Otosia.com sebelumnya, beberapa dealer sudah mulai membuka pemesanan dengan tanda jadi atau booking fee sebesar Rp 5 juta. Suzuki XL7 akan hadir dalam tiga tipe, yakni Suzuki XL7 Zeta, lalu XL7 tipe Beta, XL7 Alpha.

1 dari 2 Halaman

Prediksi Harga

Prediksi Harga

Berdasarkan bocoran harga di diler, varian terendah hingga termahal Suzuki XL7 masih dibawah pesaingnya Xpander Cross dan Honda BR-V. Namun dibandingkan Toyota Rush, tipe teratas XL7 lebih mahal dari varian tertinggi Rush.

Misalnya, Suzuki XL7 Zeta MT dijual Rp 230 Juta, XL7 Zeta AT Rp 240,5 juta, XL7 Beta MT Rp 246,5 juta, XL7 Beta AT Rp 257 juta, XL7 Alpha MT Rp 256,5 juta, dan termahal XL7 Alpha MT 267 juta.

Sementara Mitsubishi Xpander Cross varian terendah bertransmisi manual dijual Rp 270,7 juta, model transmisi matic dibanderol Rp 280 juta, dan Rp 289,7 juta untuk varian Premium Package AT.

Begitu juga dibandingkan Honda BR-V. Harga termurah BR-V di atas tipe terbawah XL7. Honda BR-V tipe S 6MT dijual Rp 251 juta, BR-V E MT dibanderol Rp 267 juta, dan tertinggi BR-V E CVT dijual Rp 277 juta.

Sementara Toyota Rush selisih masing-masing varian tidak lebih dari Rp 10 juta, bahkan dua tipe hanya selisih Rp 1 juta. Toyota Rush varian terendah, yakni G AT dibanderol Rp 247 juta, varian G AT Rp 257 juta, dan tertinggi Rush TRD Sportivo MT Rp 258 juta.

Hanya saja, Daihatsu Terios lebih murah dari XL7, baik dari varian paling bawah hingga teratas. Harga Terios dimulai Rp 208 juta untuk tipe X MT, lalu varian X MT Deluxe dijual Rp 218 juta, serta tertinggi tipe G MT Rp 228 juta.

2 dari 2 Halaman

Suzuki XL7 menggunakan konfigurasi tempat duduk 2-3-2, sama seperti Ertiga. Tidak heran banyak yang menyebutnya mobil ini adalah Ertiga versi SUV. Di India dipasangkan mesin K15B berkapasitas 1.500cc dengan perbedaan pada setingan gear sehingga akselerasi XL7 diklaim lebih bertenaga dari Ertiga.

Suzuki XL7 dibekali LED projector, sementara kaki-kaki memakai ban berukuran 185/60 R15.  Selain ada fitur perintah suara, jok dan setir berlapis kulit, ada juga SmartPlay Studio dengan sentuh 7,0 inci yang dapat terkoneksi dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

Fitur lainnya yakni berupa AC digital atau auto, ventilasi AC belakang, lampu depan dan wiper otomatis, Keyless entry dan tombol start and stop engine.

(kpl/nzr/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami