Setelah Yamaha Byson, Kini Yamaha Xabre Juga Ditiru Pabrikan China

Chongqing XCross Cat 200 merupakan motor asal China dengan desain yang menyerupai Yamaha Xabre.

Jum'at, 29 Mei 2020 10:15
Setelah Yamaha Byson, Kini Yamaha Xabre Juga Ditiru Pabrikan China Kloningan Yamaha Xabre, Chongqing XCross Cat 200 (Chongqing XCross)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Beberapa waktu lalu kami sempat membahas mengenai kloningan Yamaha Byson yang beredar di China. Naked-bike tersebut dibuat oleh pabrikan asal Negeri Tirai Bambu, Chongqing XCross, dengan nama Fly 150.

Tak hanya Yamaha Byson, ternyata pabrikan China tersebut juga masih punya produk kloningan lainnya, yaitu Chogqing XCross Cat 200. Bahkan, dalam situs resminya, mereka menyertakan keterangan "Similar M-Slaz 150", mirip dengan Yamaha M-Slaz 150 atau akrab disebut Yamaha Xabre di Indonesia.

1 dari 2 Halaman

Sekilas, Chongqing XCross Cat 200 tampak sama persis dengan Yamaha Xabre. Motor ini juga memiliki tangki dengan shroud gambot, suspensi depan upside-down, dan LED headlight. Namun, terdapat beberapa komponen setelah diamati lebih detail.

Spion pada Chongqing XCross Cat 200 justru tampak dicomot dari Honda MegaPro. Selain itu, naked-bike ini menggunakan swingarm konvensional, bukan model melengkung layaknya Yamaha Xabre.

2 dari 2 Halaman

Pembeda lainnya ada di sektor dapur pacu. Chongqing XCross Cat 200 dibekali mesin 1-silinder SOHC 197 cc. Meski demikian, tenaga yang dihasilkan justru lebih rendah, tepatnya 14,7 hp dengan ttorsi 14,5 Nm. Motor ini pun masih menggunakan sistem pendingin udara.

Sebagai perbandingan, Yamaha Xabre mendapat asupan tenaga sebesar 16 hp dengan torsi 14,3 Nm. Performa tersebut berasal dari mesin 1-silinder SOHC 150 cc berpendingin cairan.

(kpl/crn)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami