Setelah IONIQ 5, Hyundai Terciduk Sedang Uji Coba IONIQ 6

Setelah Hyundai IONIQ 5 debut di berbagai negara, Hyundai terciduk sedang mengetes IONIQ 6 di Eropa. Begini rinciannya.

Rabu, 27 April 2022 14:18
Setelah IONIQ 5, Hyundai Terciduk Sedang Uji Coba IONIQ 6 Hyundai IONIQ 6 (motor.es)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Menjelang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) merilis Hyundai IONIQ 5. SUV berbodi unik ini menjadi mobil listrik pertama yang diproduksi di Indonesia.

Yang menarik, Hyundai IONIQ 5 menggunakan sasis Electric-Global Modular Platform (E-GMP) yang dirancang khusus untuk kendaraan Battery Electric Vehicle (BEV).

Pada dasarnya, sasis modular ini terpisah menjadi dua bagian. Pertama adalah kerangka, kaki-kaki dan baterai di bagian bawah yang beroperasi untuk menjalankan mobil. Kedua adalah bagian bodi di mana penumpang duduk.

Dengan kata lain, platform ini tergolong fleksibel. Hyundai dapat mengganti bentuk bodi, namun menggunakan baterai dan sasis yang sama.

 

1 dari 4 Halaman

IONIQ 6

Sisi belakang Hyundai IONIQ 6 (motor.es)

Setelah fokus meluncurkan IONIQ 5 secara global, Hyundai rupanya mempunyai proyek baru dengan sasis E-GMP. Melansir motor.es, Selasa (26/4/2022), mobil tersebut adalah Hyundai IONIQ 6.

Layaknya mobil prototipe, sekujur bodi mobil misterius ini tertutup rapat. Hanya bagian atap, side skirts dan pelek yang terungkap. Pasalnya lokasi pengetesan berada di jalanan sekitar sirkuit Nurburgring, Jerman.

2 dari 4 Halaman

Berdasarkan bocoran foto yang tersebar, Hyundai IONIQ 6 mengusung tampilan bodi sedan coupe seperti Hyundai Prophecy Concept. Bagian atapnya cukup membulat dan panjang yang tersambung pada area kap mesin serta bagasi dengan overhang pendek.

Hyundai Prophecy Concept di GIIAS 2021 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Hal ini menunjukkan bahwa IONIQ 6 berpotensi menggunakan sasis E-GMP yang sama. Bahkan jarak antar sumbu roda yang panjang dan pelek turbin berukuran 20 inci, mirip seperti Hyundai IONIQ 5.

3 dari 4 Halaman

Detail-detail lainnya mencakup lampu depan berupa "Pixel LED" dan lampu belakang LED segaris.

Isu yang beredar menyebutkan, Hyundai IONIQ 6 bakal disematkan baterai berukuran 77.4 kWh dengan klaim jarak tempuh mencapai 600 kilometer.

Sama seperti IONIQ 5 di luar pasar Indonesia, mobil ini nantinya akan tersedia dengan pilihan penggerak roda belakang (RWD) dan penggerak empat roda (AWD).

 

4 dari 4 Halaman

IONIQ 6 dijadwalkan meluncur secara global di semester kedua tahun ini. Namun belum ada kabar mengenai kemungkinan debutnya nanti di Indonesia. 

(kpl/dit)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami