Setelah Ertiga, Suzuki Luncurkan XL7 Facelift

Setelah meluncurkan Ertiga terbaru, Maruti Suzuki India merilis versi facelift dari Suzuki XL6. Ini perubahannya.

Sabtu, 23 April 2022 20:00
Setelah Ertiga, Suzuki Luncurkan XL7 Facelift Suzuki XL6 facelift (marutisuzuki.com)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Belum lama ini, Maruti Suzuki di India merilis Ertiga facelift. Mobil keluarga itu mendapatkan serangkaian perubahan, terutama di sektor performnya. Sementara eksterior dan interior dari Ertiga terbaru hanya mengalami minor change.

Selang beberapa waktu kemudian, Maruti Suzuki juga meluncurkan XL6 terbaru di India, Kamis (22/4/2022). Peluncuran LSUV ini cukup mirip dengan Ertiga, di mana mayoritas bodi mobil tidak mengalami perubahan yang signifikan.

Perlu diketahui bahwa Suzuki XL6 di India adalah mobil yang sama seperti Suzuki XL7 di Indonesia, namun dengan perbedaan spesifikasi dan fitur.

1 dari 4 Halaman

Eksterior minim perubahan

Sisi belakang Suzuki XL6 facelift (marutisuzuki.com)

Melansir autocarindia.com, Jumat (22/4/2022), Suzuki XL6 di India terbaru tidak jauh berbeda dengan model sebelumnya. Tampang khas mobil ini masih dipertahankan, mulai dari wajah yang tangguh dan banyaknya body cladding untuk menunjukkan citra SUV mobil ini.

Perbedaan paling mencolok terletak pada pelek barunya. Suzuki XL6 di India kini disematkan pelek seperti kepunyaan XL7 di Indonesia, yakni pelek berukuran 16 inci berwarna two tone.

Sementara perubahan eksterior lainnya mencakup garnish krom baru di grill depan dan belakang, serta pilihan warna dual tone baru, yakni perak, coklat dan merah, yang dipadu dengan atap berwarna hitam.

2 dari 4 Halaman

Fitur bertambah

Interior Suzuki XL6 facelift (marutisuzuki.com)

Di bagian interior, Maruti Suzuki menyematkan beragam fitur baru. Sama seperti Ertiga, XL6 kini mendapatkan head unit SmartPlay Pro berukuran 7 inci yang bisa dikoneksikan ke handphone melalui peranti Suzuki Connect. Alat ini juga tersedia dengan voice assistant.

Ada juga penambahan fitur kamera 360 derajat yang membantu pengemudi untuk bermanuver atau parkir, Tyre Pressure Monitoring System untuk mengecek kondisi ban dan dua kursi depan kini sudah dipasangkan ventilated seats, cocok untuk negara-negara tropis.

3 dari 4 Halaman

Suzuki XL6 facelift kini dilengkapi ventilated seats untuk kursi depan (marutisuzuki.com)

Terakhir, Suzuki juga menyematkan beberapa ambient lighting untuk meningkatkan penerangan dan kemewahan dalam kabin, serta setir pengemudi kini bisa di maju-mundurkan atau juga disebut sebagai telescopic steering.

Suzuki XL6 facelift juga mendapatkan upgrade di sektor keselamatan. Mobil ini sekarang sudah dilengkapi dengan 4 airbags secara standar.

Di sisi lain fitur andalan sebelumnya, seperti AC digital otomatis dan cupholder depan dengan pendingin masih dipertahankan. Khusus XL6, kursi baris kedua berupa kursi captain seat yang terpisah.

4 dari 4 Halaman

Performa dan harga

Sistem Smart Hybrid pada Suzuki XL6 facelift (marutisuzuki.com)

Kesamaan improvement dari Ertiga juga ditemukan pada bagian mesin Suzuki XL6. Mobil keluarga berbodi SUV ini dibenamkan mesin baru 1.500cc DualJet yang menghasilkan output 103 hp dan torsi 136.8 Nm, yang diklaim lebih efisien dan irit bahan bakar.

Mesin ini dibekali sistem Smart Hybrid, di mana Suzuki menyematkan teknologi Idling Start StopBrake Energy Regeneration dan Torque Assist.

Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi manual 5 percepatan atau transmisi otomatis baru 6 percepatan dengan paddle shifts.

Untuk harga, Suzuki XL6 dibanderol mulai dari 11 29 000 Rupee atau Rp 212,5 juta (dengan kurs 1 Rupee = Rp 188,26), hingga tipe termahal XL6 Alpha Dual Tone yang dijual 14 55 000 Rupee atau Rp 273,9 juta.

(kpl/dit)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami