Setelah Eropa, Superbike Baru BMW Motorrad Siap Mengaspal di ASEAN

BMW Motorrad sebentar lagi akan merilis berbagai produk terbarunya untuk pasar Asia Tenggara, salah satunya adalh BMW S1000RR.

Kamis, 22 November 2018 10:15
BMW S1000RR (BMW Motorrad)
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Pada gelaran EICMA 2018 di Milan, Italia beberapa waktu lalu, BMW Motorrad secara resmi merilis all-new BMW S1000RR. Dengan berbagai perubahannya, superbike ini menimbulkan bermaca-macam pro dan kontra.

Ya, seperti telah dikabarkan sebelumnya, BMW S1000RR kini kehilangan beberapa ciri khasnya, yaitu headlight asimetris dan fairing dengan lubang mirip insang ikan hiu. Meski demikian, tak sedikit pula yang mengapresiasi superbike baru BMW Motorrad ini.

Menariknya, penggemar BMW Motorrad di Asia Tenggara tak perlu menunggu lama kehadiran BMW S1000RR. Pasalnya, mengutip dari Greatbiker.com, pabrikan asal Jerman tersebut akan segera merilis motor sport full-fairing terbarunya itu di Thailand dalam gelaran Thailand International Motor Expo 2018 pada akhir November mendatang.

Sekadar informasi, perubahan tak hanya terjadi di sisi desain BMW S1000RR. BMW Motorrad juga menyematkan mesin baru berteknologi ShiftCam. Alhasil, motor gede (moge) ini menjadi lebih agresif dan bertenaga dari generasi sebelumnya.

Secara konfigurasi, mesin BMW S1000RR tetap sama, 4-silinder inline DOHC 999 cc. Dapur pacu tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 207 hp, meningkat 6 hp dari generasi terdahulu, dengan torsi maksimum mencapai 113 Nm.

Perubahan juga terjadi pada sasisnya. Kini, BMW S1000RR ditopang oleh rangka aluminium yang lebih rigid, namun menjaga bobotnya tetap ringan. BMW Motorrad juga memperpanjang jarak antar sumbu roda guna meningkatkan kestabilannya saat melaju dalam kecepatan tinggi.

Superbike ini tentu juga dibekali dengan berbagai fitur, seperti instrumen panel TFT 6,5 inci, sistem pengereman ABS, LED headlight, wheelie control, dynamic damping control, dan traction control. Selain itu, terpasang pula 4 mode berkendara dengan karakternya masing-masing, yaitu Rain, Road, Dynamic, dan Race.

Sementara itu, sektor kaki-kakinya tak mengalami perubahan yang terlalu signifikan. Di depan, terpasang suspensi upside-down 45 mm fully-adjustable yang dipadukan dengan ban 120/70ZR17. Sedangkan bagian belakang ditopang WSBK aluminium swing-arm full-floater-pro dan monoshock serta ban 190/55ZR17.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami