Setelah Avanza, Inikah Wujud All New Daihatsu Xenia?

Tampang baru Toyota Avanza telah tersebar di dunia maya. Lantas bagaimana dengan kembarannya Daihatsu Xenia?

Selasa, 26 Oktober 2021 10:15
Setelah Avanza, Inikah Wujud All New Daihatsu Xenia? Render All New Daihatsu Xenia (Instagram/@rafimuamar40, @malvinwsetiawan)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Beberapa waktu lalu dunia otomotif Indonesia sempat dibuat heboh dengan tersebarnya bocoran foto Toyota Avanza terbaru di sebuah diler. LMPV yang berumur 17 tahun itu akhirnya akan mendapatkan generasi terbaru.

Mobil tersebut nampak berubah total, mulai dari luar hingga ke dalam. Dari foto-foto yang tersebar, bahasa desain Toyota Avanza yang sudah digunakan sejak generasi pertamanya kini ditinggalkan.

Namun tersebarnya bocoran tersebut menimbulkan pertanyaan tentang kabar kembarannya, yakni Daihatsu Xenia. Lantaran Avanza mendapatkan model baru, apakah Xenia akan ikut serta?

 

1 dari 4 Halaman

Render Daihatsu Xenia

Sisi belakang render All New Daihatsu Xenia (Instagram/@rafimuamar40, @malvinwsetiawan)

Pertanyaan di atas coba dijawab oleh kolaborasi antar akun Instagram @rafimuamar40 dan @malvinwsetiawan, Minggu (24/10/2021). Hasil karya kedua akun itu berupa rekayasa digital atau render.

Render tersebut rupanya mengambil inspirasi dari bocoran yang tersebar dan disesuaikan dengan bahasa desain Daihatsu.

Meski secara mendasar masih mirip Toyota Avanza terbaru, karya digital itu mengusung bentuk mobil Daihatsu dengan penggunaan Astra Daihatsu Style atau ADS. Hasilnya mobil tersebut disematkan garis merah di beberapa area dan penambahan under guard di bagian samping.

2 dari 4 Halaman

Selain itu, selayaknya mobil Daihatsu terbaru, grille depan dibuat berebeda. Di Toyota, parts tersebut mirip dengan grille mobil Toyota diluar negeri, terutama di Amerika Serikat. Untuk menyesuaikan dengan produk Daihatsu, bagian itu seperti dibalik, membentuk 'v' di tiap sisi.

Bagian lain yang berbeda adalah reflector di bagian belakang berbentuk vertikal, atap berwarna hitam, pelek dengan motif sedikit berbeda, serta tulisan ‘Xenia’ di atas plat nomor, pengganti ‘Veloz’ di versi Toyota Avanza.

3 dari 4 Halaman

Kesamaan

NJKB All New Daihatsu Xenia (Kemendagri)

Selebihnya bagian lain tidak berubah dari bocoran Avanza terbaru, mengingat produk kembar Toyota-Daihatsu lainnya juga minim perbedaan besar. Artinya render All New Daihatsu Xenia ini cukup mirip dengn kembarannya.

Mobil tersebut sudah menggunakan lampu depan LED, lampu belakang LED bar, serta atap dibuat floating di pilar D paling belakang. Beda dari model-model sebelumnya Xenia terbaru ini bisa dibilang mirip SUV berkat penggunaan over fender di bagian roda dan bentuk bodi yang lebih berisi.

4 dari 4 Halaman

Lantaran mobil ini masih sebatas sketsa digital, spesifikasinya masih menjadi misteri. Namun jika mengacu pada Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dari Kemendagri, mobil ini akan disematkan transmisi CVT dan tipe tertinggi, sudah dilengkapip Advanced Safety Assist (ASA).

Untuk harga, NJKB Daihatsu Xenia terbaru dimulai dari Rp 135 juta. Sedangkan tipe termahal dipatok harga Rp 172 juta. Meski rincian harga ini belum resmi, boleh jadi digunakan sebagai patokan untuk menentukan harga resminya nanti.

(kpl/dit)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami