Sesama Produk Nissan Rp400 Jutaan, Mending Beli Terra atau X-Trail

Di rentang harga Rp400 jutaan dan kapasitas mesin 2.500cc, Nissan menawarkan dua produk, yaitu Nissan Terra dan Nissan X-Trail.

Senin, 27 Agustus 2018 19:21
Foto: Nissan
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Setelah lebih dulu mengaspal di beberapa negara Asia lainnya, akhir Nissan Terra secara resmi dirilis untuk pasar otomotif Indonesia. SUV tersebut diperkenalkan pada gelaran GIIAS 2018, awal Agustus 2018 lalu.

Dengan rentang harga dan kapasitas mesin yang sama, Rp400 jutaan 2.500cc, ada produk lainnya dari pabrikan yang sama, yaitu Nissan  X-Trail.

Meski demikian, ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya. Simak pembahasannya di bawah ini:

Nissan Terra

Harga

Harga keduanya memang tak terpaut jauh. Berdasarkan situs resmi Nissan Indonesia, Nissan Terra 2.5E 4x2 AT dibanderol Rp480 juta dan Nissan XTrail 2.5 CVT dipatok Rp475,1 juta (OTR Jabodetabek). Dengan kata lain, untuk spesifikasi yang sama, 2.500cc transmisi otomatis, Nissan Terra sedikit lebih mahal dari Nissan  X-Trail.

Secara keseluruhan model, harga Nissan Terra lebih tinggi, mulai Rp480 juta hingga Rp650 juta. Sementara itu, Nissan X-Trail dijual dari Rp441,6 juta sampai Rp664,7 juta untuk varian mesin hybrid.

Nissan XTrail

Desain

Secara tampilan, sekilas ada kemiripan antara Nissan Terra dan Nissan X-Trail, yaitu sama-sama terlihat tangguh. Namun, kedua mobil tersebut mengusung jenis yang berbeda. Nissan Xtrail terlahir sebagai sebuah crossover, perpaduan antara SUV dan MPV, atau ada juga yang memasukkannya ke segmen medium SUV, sedangkan Nissan Terra adalah big SUV murni.

Dengan demikian, dimensi keduanya pun terpaut cukup jauh. Nissan Terra berukuran lebih besar dengan panjang 4.895 mm, lebar 1.865 mm, dan tinggi 1.835 mm. Sementara itu, jarak ke tanahnya mencapai 225 mm dengan wheelbase 2.850 mm.

Sedangkan Nissan X-Trail memiliki panjang 4.640 mm, lebar 1.820 mm, dan tinggi 1.720 mm. Jarak ke tanah mobil ini mencapai 210 mm dengan wheelbase 2.705 mm. Meski begitu, keduanya mampu menampung 7-penumpang.

Nissan Terra

Performa

Meski sama-sama mengusung mesin berkapasitas 2.488cc, performa yang ditawarkan cukup jauh berbeda. Dapur pacu Nissan Terra mampu menyuplai tenaga sebesar 187 hp dengan torsi 450 Nm, sedangkan Nissan X-Trail bertenaga 169 hp dan torsi 233 Nm.

Perbedaan tersebut tak terlepas dari jenis bahan bakarnya. Nissan X-Trail ditenagai oleh bensin, sementara Nissan Terra menggunakan mesin diesel sehingga berbahan bakar solar.

Nissan XTrail

Fitur

Meski berbeda usia, tak terlalu banyak perbedaan pada fitur keduanya. Baik Nissan Terra maupun Nissan X-Trail sama-sama dibekali AC climate control, sensor parkir, dan airbag. Pabrikan asal Jepang tersebut turut membenamkan sistem pengereman ABS (Anti-lock Brake System).

Selain itu, keduanya juga memiliki instrumen panel informatif, kemudi dan jok berbalut kulit, serta lampu kabut. Kemudi Nissan Terra dan Nissan X-Trail pun dilengkapi dengan audio controller.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami