Serius Produksi Baterai Mobil Listrik Sendiri, Perancis Gelontorkan Rp11 Triliunan

Presiden Perancis baru-baru ini mengumumkan bahwa pemerintahannya akan menggelontorkan dana sebesar Rp11 triliunan untuk memproduksi baterai mobil listrik sendiri.

Senin, 18 Februari 2019 17:15
Proses pengisian daya mobil listrik (alternativesjournal.ca)
Editor : Cornelius Candra
Reporter : Muhammad Ikbal

Otosia.com - Seiring berkembangnya teknologi kendaraan yang sebelumnya menggunakan combustion engine dengan bahan bakar minyak, kini mulai beralih ke bertenaga listrik. Sebagai, salah satu komponen utama, peran baterai tentunya akan sangat penting dan dibutuhkan.

Melihat keadaan tersebut dan mengantisipasi semakin meningkatnya kebutuhan baterai untuk kendaraan listrik, baru-baru ini Presiden Perancis, Emmanuel Macron, telah mengumumkan bahwa pihaknya akan berinvestasi sebesar EUR700 juta, sekitar Rp11 triliunan, untuk mengembangkan industri baterai kendaraan listrik selama 5 tahun ke depan (Kurs EUR1 = Rp15.946).

Dilansir dari Carscoops, tujuan pemerintah Perancis melakukan investasi besar tersebut adalah untuk meningkatkan industri baterai kendaraan listrik dan mengurangi ketergantungan produsen-produsen mobil Perancis pada pemasok dari kawasan Asia dan AS.

Pengumuman tersebut disampaikan oleh Macron saat melakukan pidato di Organisasi Internasional Produsen Kendaraan Bermotor di Paris. Sebelumnya, Jerman telah melakukan hal serupa dengan nilai investasi mencapai EUR 1 miliar, setara 16 triliunan dalam hal produksi sel baterai dalam negeri.

Menurut Macron, langkah tersebut sudah sangat tepat. Pasalnya, saat ini para produsen mobil Eropa mulai menyadari ketergantungan mereka terhadap pasokan dari Cina akan menimbulkan ancaman nyata bagi negara-negara di benua biru terutama di era perang perdagangan internasional saat ini.

"Sebagai presiden Perancis, saya tidak bisa bahagia dengan situasi seperti ini. Dimana 100 persen baterai kendaraan listrik saya justru diproduksi di Asia," kata Macron.

Tidak hanya memproduksi baterai kendaraan listrik sendiri, Macron juga merencanakan ingin Perancis dapat meningkatkan infrastruktur terkait tempat pengisian daya kendaraan listrik. Dengan semakin banyaknya fasilitas tersebut diharapkan akan membantu meningkatkan kepercayaan diri para pengguna kendaraan mesin konvensional untuk beralih ke kendaraan listrik.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/ikb/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami