Sering Minum Bensin Beroktan Rendah Aki Bisa Tekor, Kok Bisa?

Sepeda motor injeksi memiliki rasio kompresi tinggi. Maka itu disarankan untuk memakai bahan bakar beroktan tinggi. Efek lain menggunakan bahan bakar beroktan rendah juga bisa membuat aki tekor.

Rabu, 18 September 2019 22:15
Sering Minum Bensin Beroktan Rendah Aki Bisa Tekor, Kok Bisa? Ilustrasi jenis bahan bakar (greencarreport)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Jenis bahan bakar yang dipakai untuk sepeda motor memiliki pengaruh untuk beberapa komponen. Maka itu, pemakaian jenis bahan bakar harus benar-benar tepat.

Bagi sepeda motor injeksi, jika terlalu sering memakai bahan bakar beroktan rendah, bisa membuat komponen fuel inejction mudah tersumbat. Mesin berteknologi injeksi, rata-rata memiliki rasio kompresi tinggi, di atas 9:1.

Semakin besar kompresi mesin, maka akan semakin butuh bahan bakar berkualitas tinggi. Jika memakai beroktan rendah, gejala detonasi (ngeltik), cepat atau lambat akan muncul.

 

1 dari 1 Halaman

Alasan

Selain berpengaruh pada sistem injeksi, bensin beroktan rendah bisa menyerang komponen lain. Seperti aki yang mudah tekor. Mengapa begitu?

Menurut laman Suzuki Indonesia, hal itu terjadi karena pompa bensin sepeda motor harus bekerja lebih keras, akibat kotoran menyumbat filter bensin. Lama-lama injektornya yang akan mampet.

 

(kpl/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami