Serba-Serbi Kendaraan Bermotor yang Perlu Pengendara Ketahui

Kendaraan bermotor adalah kendaraan beroda yang dijalankan di darat yang digerakkan oleh peralatan teknik

Jum'at, 17 Januari 2020 22:15
Serba-Serbi Kendaraan Bermotor yang Perlu Pengendara Ketahui Mitsubishi Xpander Cross (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Sudah pasti kalau saat ini kendaraan menjadi faktor penting di kehidupan masyarakat. Bukan hanya kendaraan pribadi saja, tetapi juga transportasi umum. Fungsinya sudah jelas untuk memudahkan mobilisasi diri ke berbagai tempat.

Nah karena perkembangan industri otomotif makin pesat, beragam model kendaraan bermotor sudah ditawarkan. Fitur canggih dengan desain motor atau mobil yang modern menjadi daya tarik. Belum lagi kalau kendaraan bermotor memiliki nilai historis. Hmmm, bakal laris manis deh kayaknya.

Ini juga ditandai dengan makin menjamurnya sepeda motor yang didesain retro. Awal mula di Indonesia diawali Kawasaki dengan meluncurkan W175. Kemudian disusul pabrikan lainnya seperti Honda dan Yamaha. Bahkan Yamaha sudah hadirkan naked bike retro di 2019 lalu, yakni XSR 155.

Contoh lainnya dari desain klasik yang laris manis adalah Suzuki Jimny. Mobil ini pertama diproduksi pada tahun 1981, dan model terbarunya baru diluncurkan di 2019 kemarin. Yang jelas mobil ikonik ini laris manis di pasaran, bahkan inden di Tanah Air mencapai 4 tahun.

Beragam model kendaraan bermotor yang telah dipasarkan di Indonesia, seperti motor dan mobil tadi menjadi salah satu penopang perekonomian Indonesia. Apalagi bisnis turunannya cukup menggiurkan, semisal suku cadang, modifikasi dan masih banyak lainnya.

Kendaraan bermotor adalah kendaraan beroda yang dijalankan di darat yang digerakkan oleh peralatan teknik. Maka wajar jika bengkel dan suku cadang akan selalu dibutuhkan dan pasar ini memang potensial di Indonesia.

1 dari 6 Halaman

Syarat Teknik Kendaraan

Syarat Teknik Kendaraan

Namun kendaraan bermotor sendiri tak bisa asal pakai atau produksi lho Otolovers. Ada beberapa aturan yang harus ditaati para pabrikan otomotif. Hal ini sudah tertuang di UU No. 14 Tahun 1992 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Pasal 12

(1) Setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan harus sesuai dengan peruntukannya, memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan serta sesuai dengan kelas jalan yang dilalui.

(2) Setiap kendaraan bermotor, kereta gandengan, kereta tempelan dan kendaraan khusus yang dibuat dan/atau dirakit di dalam negeri serta diimpor, harus sesuai dengan peruntukan dan kelas jalan yang akan dilaluinya serta wajib memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan. 

Pasal 13

(1) Setiap kendaraan bermotor, kereta gandengan, kereta tempelan, dan kendaraan khusus yang dioperasikan di jalan wajib diuji.

(2) Pengujian sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) meliputi uji tipe dan/atau uji berkala.

(3) Kendaraan yang dinyatakan lulus uji sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) diberikan tanda bukti.

2 dari 6 Halaman

Syarat Kendarai Kendaraan

Syarat Kendarai Kendaraan

Bagi yang mau kendarai kendaraan bermotor juga ada syaratnya. Jadi tak asal orang bisa tunggangi mobil atau motor. Tentunya juga sudah diatur di UU No.14 tahun 1992 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Setiap pengemudi wajib miliki surat izin mengemudi dan cara mendapatkannya harus melalui ujian mengemudi.

Nah perlu diketahui juga bahwa SIM miliki beberapa golongan. Dilansir dari polri.go.id, kurang lebih ada 6 kategori SIM.

Golongan SIM A

Golongan SIM ini diperuntukkan untuk kendaraan bermotor roda 4 dengan berat yang diperbolehkan tidak lebih dari 3.500 Kg.

Golongan SIM A Khusus

Dikhususkan untuk kendaraan bermotor roda 3 dengan karoseri mobil (Kajen VI) yang difungsikan untuk angkutan barang atau orang. Tetapi ini bukan sepeda motor dengan kereta samping

Golongan SIM B1

Diperuntukkan kendaraan bermotor yang miliki bobot lebih dari 1.000 kg.

Golongan SIM B2

Untuk kendaraan bermotor dengan kereta tempelan yang miliki bobot lebih dari 1.000 kg.

Golongan SIM C

SIM untuk kendaraan bermotor beroda 2 yang miliki kecepatan lebih dari 40 km/jam.

Golongan SIM D

Sedangkan yang terakhir, SIM ini dikhususkan untuk pengendara penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus.

3 dari 6 Halaman

Harus Punya Garasi

Harus Punya Garasi

Syarat lainnya jika ingin punya kendaraan bermotor adalah punya parkiran. Sudah umum kan kita ketahui bahwa terkadang pinggir jalan menjadi tempat parkir mobil. Sewajarnya tidak begini ya Otolovers, pasalnya ini akan mengganggu lalu lalang kendaraan lainnya. Bisa sebabkan macet juga.

Sebelum Otolovers beli mobil atau kendaraan bermotor lainnya, lebih baik punya garasi dulu. Di Jakarta hal ini sudah diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi. Disebutkan bahwa pemilik kendaraan bermotor wajib miliki garasi pribadi atau suatu area yang telah disewa untuk parkirnya.

Tempat atau garasi tersebut harus dibuktikan dengan surat kepemilikan apabila Otolovers akan membeli kendaraan bermotor. Tak adanya surat tersebut membuat Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau STNK tidak bisa diterbitkan.

Seharusnya memang begini ya Otolovers. Mungkin daerah-daerah lainnya bisa terapkan aturan seperti ini.

4 dari 6 Halaman

Kredit Kendaraan

Kredit Kendaraan

Kredit diciptakan untuk membantu masyarakat mendapatkan kemudahan untuk produk-produk yang harganya sulit dijangkau. Misalnya, untuk individu atau keluarga dengan ekonomi pas-pasan pasti akan berat mengeluarkan uang tunai puluhan juta untuk motor, atau bahkan ratusan juta untuk mobil.

Di sinilah kredit bisa difungsikan. Kredit memiliki manfaat meringankan beban pendanaan. Dengan cicilan yang terjangkau setiap bulannya, setiap keluarga kini punya kesempatan mendapatkan kendaraan bermotor.

Selain itu juga bisa disesuaikan dengan pendapatan, kredit memungkinkan setiap orang untuk memilih kendaraan bermotor. Bukan hanya dari merk atau tipe, tapi juga kuantitas, sekaligus membuka peluang usaha di bisnis sewa mobil atau motor. Seiring dengan berkembangnya usaha, Anda bisa terus menambah jumlah armada secara mudah, dan tentunya lebih murah.

Perusahaan kredit memberi jalan untuk kemudahan mendapatkan kendaraan bermotor. Dari sisi konsumen, sebaiknya juga memudahkan pihak leasing. Saat mengajukan permohonan kredit, pastikan sudah melengkapi berbagai dokumen yang diperlukan. Selain itu, bayarlah tagihan bulanan tepat waktu agar tidak ada kesalahpahaman yang terjadi antara pihak leasing dan konsumen.

5 dari 6 Halaman

Kendaraan listrik

Kendaraan listrik

Kalau soal perkembangan kendaraan bermotor, saat ini mulai tren kendaraan listrik. Bahkan karena terlalu pesatnya, sudah banyak pabrikan yang ciptakan mobil terbang. Namun kelihatannya kendaraan tersebut masih bakal lama masuk pasar otomotif. Jika menerka 5 sampai 10 tahun ke depan, mobil listriklah yang bakal jadi masa depan otomotif dunia.

Kondisi tersebut jelas direspon oleh pemerintah Indonesia. Apalagi, berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0, industri otomotif merupakan satu dari lima sektor manufaktur yang mendapat prioritas pengembangan, terutama agar siap mengimplementasikan industri 4.0.

Memang indsutri otomotif miliki peran penting untuk pertumbuhan otomotif di Tanah Air. Targetnya industri otomotif sebagai bagian dari lokomotif sektor manufaktur di dalam negeri akan mendongkrak PDB nasional menjadi 10 besar di dunia pada tahun 2030.

Pemerintah Indonesia juga menargetkan sekitar 20 persen dari total produksi nasional atau sebanyak 2 juta unit pada tahun 2025 adalah sepeda motor listrik.

Selain itu, Indonesia menargetkan produksi mobil bertenaga listrik bisa mencapai 400 ribu unit atau 20 persen dari total produksi pada tahun 2025. Dari jumlah tersebut, diharapkan terjadi peningkatan hingga tahun 2029.

6 dari 6 Halaman

Video Kendaraan Bermotor

Video Kendaraan Bermotor

(kpl/ahm)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami