Sepeda Motor Akan Didenda Rp500 Ribu kalau Lewat Jalur Sepeda

Jalur sepeda yang berada di lajur paling kiri kerap beralif fungsi menjadi tempat parkir dadakan. Kini siapapun yang melanggar, maka akan dikenai sanksi denda Rp 500 ribu.

Selasa, 24 September 2019 19:15
Sepeda Motor Akan Didenda Rp500 Ribu kalau Lewat Jalur Sepeda Aturan jalur sepeda (Merdeka.com)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Di beberapa ruas jalan, jalur paling kiri biasanya diperuntukkan bagi sepeda. Tapi sayangnya, masih banyak kendaraan bermotor yang memaksa melintas di jalur paling kiri untuk sepeda. Padahal rambu khusus sudah ada, tapi masih dilanggar.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan kepolisian akan melakukan penilangan bagi pengendara sepeda motor yang melintas di jalur sepeda, mulai 20 November 2019. Tindakan tilang itu berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Jalur sepeda akan berlaku efektif pada tanggal 20 November, dan oleh sebab itu mulai tanggal itu penegakan hukum berlaku efektif," jelas Kadishub Pemprov DKI Jakarta, Syafrin Lupito, Senin (23/9/2019) dikutip dari merdeka.com.

1 dari 1 Halaman

Pelanggaran Marka

Menurut Syafrin, tindakan itu untuk menghindari para ojek online maupun pengendara lainnya yang tidak taat peraturan. Pengendara yang melanggar akan diberikan sanksi denda Rp 500 ribu.

"Kami sduah memasang marka utuh di sana, kemudan ada kendaraan motor yang melanggar itu kena pelanggaran marka. Kami juga sudah melakukan patroli secara rutin," terangnya.

Sebelumnya, diberitakan soal gambar viral di media sosial yang menunjukkan para ojek online memarkir kendaraannya di sepanjang jalur khusus sepeda di kawasan jalan Pemuda, Jakarta Timur. Selain ojek online, sejumlah pengemudi transportasi umum roda tiga bahan bakar gas (BBG) juga memarkirkan kendaraannya di jalur khusus sepeda.

Sumber: Merdeka.com

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami