Sentul Jadi Tuan Rumah MotoGP 2017?

Melalui International Motorcycling Federation, kabar segar berhembus bagi para penggemar MotoGP di Indonesia.

Kamis, 22 Oktober 2015 12:15
foto: MotoGP.com
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Kabar segar berhembus pada dua hari belakangan, karena para penggemar MotoGP di tanah air bisa saja mulai berharap bahwa ajang balap motor terbesar ini akan segera diselenggarakan di Indonesia. 

Kabar ini dilaporkan oleh Sport Rider pada Rabu (21/10/2015) saat International Motorcycling Federation mengumumkan bahwa Indonesia akan masuk menjadi salah satu kandidat tuan rumah MotoGP pada tahun 2017 nanti, bersanding dengan Kazakhstan, Finlandia dan Thailand.

Sayangnya untuk menuju kesana jalan dari Indonesia masih cukup terjal, pasalnya Dorna Sport mensyaratkan perubahan besar-besaran pada sirkuit Sentul. Hal ini bisa dimaklumi, karena menurut Dorna, pesaing sirkuit Sentul cukup berat.

Salah satunya adalah sirkuit Internasional Chang di Thailand yang sebelumnya telah menggelar renovasi. Dan dari hasil renovasi tersebut ternyata Dorna Sport setuju untuk menggelar Superbike di Chang International Circuit.

Sementara itu, pihak dari Finlandia juga telah mengontak dengan intensif Dorna Sport pasca GP San Marino silam. Namun kabarnya peluang Indonesia masih cukup terbuka lebar, andaikan pasca berita bahwa Sentul bisa masuk menjadi kandidat tuan rumah MotoGP langsung direspon cepat oleh pemerintah.

Kendala yang dialami adalah bahwa pemerintah Indonesia tak menyediakan dana jaminan yang cukup bagi Dorna. Pasalnya Dorna Sport mensyaratkan beberapa keperluan untuk sirkuit Sentul bisa mencapai 7 juta Euro, dan pemerintah sementara ini masih berkutat pada angka 3 juta Euro saja.

Andaikan negosiasi antara pemerintah Indonesia dan Dorna Sport menemui kecocokan, maka ini adalah kali pertama dalam 20 tahun pasca Sentul menjadi tuan rumah MotoGP.

MAU YANG LAIN, OTOLOVERS? KASIH DAH!

(kpl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami