Sempat Melambat, Subhan Aksa Masuk 4 Besar

Rifat Sungkar dan Subhan Aksa, memiliki cerita yang berbeda dalam menyelesaikan hari pertama ADAC Rallye Deutschland. Subhan Aksa masuk 4 Besar Trier/Jerman, sementara Rifat Sungkar terkendala overheating.

Sabtu, 25 Agustus 2012 16:10
Subhan Aksa
Editor : Anton

Otosia.com - Dua pereli Indonesia dari tim yang berlainan, Rifat Sungkar dan Subhan Aksa, memiliki cerita yang berbeda dalam menyelesaikan hari pertama ADAC Rallye Deutschland. Jika di reli Jerman ini Subhan Aksa masuk 4 Besar Trier/Jerman - Serial Production World Rally Championship , maka Rifat Sungkar - Scott Beckwith sempat terkendala overheating.

Subhan sendiri konsisten finish di urutan 4 di SS-SS terakhir bahkan pada SS 5 Subhan Aksa sempat menyodok finish ke-3. Pada hasil akhir, ia bertahan di peringkat 4 dengan selisih waktu hanya 1 menit 12 detik dari Marcos Ligato yang menempati posisi ketiga dan terpaut cukup jauh dengan posisi kelima R Trivino dengan 2 menit 25 detik.

"Sejauh ini aman-aman saja. Kami puas dengan posisi sementara meski punya problem rem dan power steering di awal, bahkan juga ada indikasi kerusakan pada turbo di SS6 sehingga melambat pada 5 km terakhir sebelum finish. Itu pengalaman dan pelajaran mengesankan buat kami karena pertama turun di lintasan aspal," tutur Subhan usai menjalani Leg I sepanjang Jumat .

Ia sempat dipuji peserta lain karena kejelian memilih hard tyre yang cocok dengan kondisi lintasan kering, sementara para rivalnya memilih tipe ban lembut.

"Kemarin prediksi cuaca kemungkinan besar hujan. Namun, pagi sebelum start kami putuskan pakai hard tyre dengan perkiraan hujannya tak akan lama. Ternyata benar dan bahkan tidak turun hujan sama sekali," tambahnya.

Subhan belum menggeber 100% pacuannya guna menghindari resiko di hari pertama, namun di beberapa kesempatan ia mampu memacu Mitsubishi Evo Xitu sampai di atas 150 km/jam. Hasilnya, ia mampu melewati hari itu di urutan 4 overall sementara PWRC setelah menjalani 6 SS.

"Alhamdulillah target 5 Besar terpenuhi sejauh ini, bahkan setingkat lebih baik. Besok kita coba pertahankan posisi itu sembari lihat kesempatan untuk meningkat ke 3 Besar," kata pereli Bosowa Rally Team ini.

(kpl/nzr/bun)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami