Sempat Bertahan, Rental Mobil Ini Akhirnya Gulung Tikar Dihantam Corona (COVID-19)

Untuk bertahan sendiri Hertz menjual beberapa armadanya. Namun itu semua tak bisa menutupi karugian. Pasalnya harga jual mobil bekas juga alami penurunan selama pandemi Corona

Rabu, 27 Mei 2020 18:15
Sempat Bertahan, Rental Mobil Ini Akhirnya Gulung Tikar Dihantam Corona (COVID-19) Ilustrasi rental mobil (Liputan6.com)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Jelas pandemi Corona (COVID-19) berpengaruh pada setiap lini industri. Bukan hanya pada penjualan mobil atau motor, tetapi juga berimbas buruk ke bisnis rental mobil.

Itulah yang terjadi pada usaha rental mobil, Hertz yang akhirnya mengalami kebangkrutan. Padahal bisnis ini sempat bertahan cukup lama di tengah COVID-19 yang melanda dunia, termasuk di Amerika Serikat.

Melansir Automotive News, Hertz mengajukan kebangkrutan level 11. Meskipun masih bisa beroperasi, dan berharap bisa menemukan cara untuk pulih, dengan membayar hutang namun pemilik pesimis karena bisnis penyewaan mobil di tengah kondisi pandemi sangat memprihatinkan.

Perusahaan kini memiliki dana tunai US$1 miliar atau setara dengan Rp14,8 triliun untuk menjalankan bisnis, termasuk Hartz, Dollar, Thrifty, Firefly, Hertz Car Sales, dan Donlen.

Kemudian, aset perubahan senilai US$25,8 miliar dengan besaran hutang sebesar US$24,4 miliar dengan kreditor terbesar, termasuk IBM Corp dan Lyft Inc.

1 dari 1 Halaman

Jual armada

Hertz sendiri memiliki armada yang sebagian besar buatan General Motors, sebanyak 21 persen. Fiat Chrysler (18 persen), Ford (12 persen), Kia (10 persen), Toyota (9 persen), Nissan (7 persen), dan Hyundai (5 persen) , menurut pengajuan. Saat ini, jumlah armadanya sebanyak lebih dari 500 ribu unit di Amerika Serikat dan 200 ribuan unit di negara lain.

Untuk bertahan sendiri Hertz menjual beberapa armadanya. Namun itu semua tak bisa menutupi karugian. Pasalnya harga jual mobil bekas juga alami penurunan selama pandemi Corona.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami