Selain Indonesia, 3 Negara ini Punya Mobil Kembaran Toyota

Beberapa negara selain Indonesia, ternyata juga mempunyai kasus di mana suatu merek mempunyai mobil kembaran dari Toyota. Begini rinciannya.

Senin, 13 Desember 2021 13:15
Selain Indonesia, 3 Negara ini Punya Mobil Kembaran Toyota Ilustrasi kembaran mobil Toyota (Istimewa)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Beberapa model Toyota punya kembarannya di Indonesia. Kembaran tersebut datang dari merek Daihatsu. Contohnya Toyota Rush dengan Daihatsu Terios, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Mobil yang sama lainnya adalah Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, serta LCGC Toyota Calya dengan Daihatsu Sigra.

Bukan cuma di Indonesia. Kasus yang mirip ditemui di negara lain. Namun bedanya hanya lambang dan nama merek Toyota yang digunakan, sementara basis mesin dan rancang bangunnya berasal dari brand lain.

Berikut 3 negara selain Indonesia yang mempunyai mobil kembar dari Toyota:

1 dari 4 Halaman

1. India

Toyota Belta terbaru (cartoq.com)

Pertama adalah India, di mana Toyota bekerja sama dengan Maruti Suzuki. Kedua merek telah berkolaborasi sejak tahun 2016 dan kini beberapa model Suzuki negeri Bollywood juga ditemukan pada Toyota India.

Sebagai contoh Toyota Glanza pada dasarnya adalah Suzuki Baleno dengan banyak logo Suzuki digantikan dengan emblem Toyota. Kasus yang sama juga ditemukan pada Toyota Urban Cruiser yang berbasis dari Suzuki Vitara Brezza.

Bahkan, model terbaru Toyota Belta di negeri itu, mengambil basis dari sedan Suzuki Ciaz, meskipun Toyota sendiri mempunyai sedan Vios.

2 dari 4 Halaman

2. Afrika

Toyota Starlet (toyota.co.za)

Selanjutnya di Afrika, aliansi antara Toyota dan Maruti Suzuki berlanjut. Berdasarkan situs toyota.co.za, ada dua mobil yang mengusung mobil dari Suzuki, yakni Toyota Starlet dan Toyota Rumion.

Sama seperti Glanza di India, Toyota Starlet adalah juga Suzuki Baleno. Mobil tersebut tidak mempunyai perbedaan signifikan dengan kembarannya, namun secara fitur lebih komplet dibandingkan Baleno di Indonesia.

3 dari 4 Halaman

Hatchback ini sudah dilengkapi head unit canggih, cruise control, 6 airbagsVehicle Stability Control (VSC), rem belakang cakram, serta Hill Start Asist (HSA).

Sementara Toyota Rumion pada dasarnya adalah Suzuki Ertiga berlogo Toyota. LMPV ini cukup mirip dengan unit Ertiga di Indonesia, hanya perwarnaan interior dan corak wood panel yang berbeda.

4 dari 4 Halaman

3. Jepang

Toyota Townace Truck (toyota.jp)

Terakhir adalah di negeri asalnya Jepang. Sama seperti Indonesia, beberapa mobil Toyota di negeri Sakura mempunyai kembaran dari Daihatsu. Yang menarik, mayoritas mobil kembar ini kerap ditemukan mulai dari Kei Car (mobil ringan) hingga mobil niaga.

Pada kategori city car, Toyota Passo merupakan kembaran langsung dari Daihatsu Boon di Jepang. Sementara segmen Kei Car diwakili Toyota Pixis Epoch yang berbasis dari Daihatsu Mira e:S dan Toyota Pixis Joy dengan kembarannya Daihatsu Cast.

Untuk mobil niaga, beberapa model dicomot dari merek Daihatsu, seperti Toyota Pixis Truck dan Van yang menjadi kembaran dari Daihatsu Hijet dan Hijet Cargo. Lalu Toyota Townace Truck dan Van, pada dasarnya adalah Daihatsu Granmax pikap dan mobil boks dengan lambang Toyota.

(kpl/dit)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami