Sektor Logistik Dongkrak Penjualan Fuso 28 Persen

Sejalan dengan pertumbuhan di sektor infrastruktur dan perkebunan terutama kelapa sawit selama tahun 2017, permintaan terhadap kendaraan komersial juga turut meningkat.

Sabtu, 20 Januari 2018 08:15
Foto: Nazar Ray
Editor : Fitradian Dhimas
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Sejalan dengan pertumbuhan di sektor infrastruktur dan perkebunan terutama kelapa sawit selama tahun 2017, permintaan terhadap kendaraan komersial juga turut meningkat. Mitsubishi menjadi salah satu merek yang turut merasakan dampak dari tumbuhnya sektor infrastruktur dan perkebunan.

Sepanjang tahun 2017, Mitsubishi Fuso berhasil terjual sebanyak 42.319 unit, meningkat 28% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Perolehan pangsa pasar 45% menunjukkan dominasi mutlak Mitsubishi Fuso di segmen kenaraan komersial di Indonesia.

Sektor lain yang berkontribusi besar terhadap penjualan Mitsubishi Fuso adalah sektor logistik untuk consumer goods.

"Proyek-proyek pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan pemerintah sangat membantu mendongkrak pasar kendaraan niaga. Ditambah lagi sektor perkebunan kelapa sawit juga ikut menyumbang kenaikan yang cukup signifikan," ujar Duljatmono, Sales & Marketing Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB).

"Sektor lain yang berkontribusi besar terhadap penjualan Mitsubishi Fuso adalah sektor logistik untuk consumer goods. Pertumbuhan sektor logistik cenderung stabil mengikuti pertumbuhan pasar, namun sektor inilah yang menjadi penyumbang terbesar terhadap angka penjualan Mitsubishi FUSO" tambah Duljatmono.

Jika dirinci lebih detil, segmen light duty truck menyumbang kontribusi terbesar dimana produk Colt Diesel berhasil membukukan penjualan sebanyak 38.116 unit dengan pangsa pasar mutlak mendominasi 58% pasar pada kategori yang sama. Sedangkan di segmen medium & heavy duty truck, produk FUSO, New FUSO dan Tractor Head penjualannya sebesar 4.203 unit dengan pangsa pasar 19%.

Dilihat dari data tersebut, jelas terlihat bahwa dominasi mutlak Colt Diesel masih memimpin, menguasai lebih dari setengah pasar di segmen light duty truck.

Kondisi baik selama tahun 2017 tentu disambut dengan meluncurkan berbagai strategi, dan juga beberapa pencapaian penting selama tahun 2017, diantaranya pencapaian rekor penjualan Colt Diesel 1 juta unit yang mendapat rekor MURI sebagai 'Truk Dengan Penjualan Terbanyak di Indonesia', dan menunjuk Iwan Fals sebagai duta merek Mitsubishi Fuso serta restrukturisasi organisasi perusahaan dimana KTB berfokus pada bisnis kendaraan niaga, peluncuran produk Colt Diesel terpanjang di dunia.

Untuk itu di tahun 2018 KTB akan melakukan banyak peningkatan di segmen ini, salah satunya dengan mempersiapkan produk-produk baru yang menyesuaikan kebutuhan pasar.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/nzr/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami