Sekilas, Mengenang Legenda Honda NSR 250R Seri Pertama

Ketika menelusuri sepeda motor bermesin 250cc buatan pabrikan dengan logo sayap ini, ternyata ada satu motor yang cukup melegenda di zamannya, motor tersebut, yakni Honda NSR250.

Selasa, 19 September 2017 08:15
Sekilas, Mengenang Legenda Honda NSR 250R Seri Pertama Foto: nsr250.net

Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Bicara mengenai motor bermesin seperempat liter, untuk sekarang ini pabrikan sepeda motor Honda memiliki motor sport garang, yakni CBR250RR. Sebagai pendatang baru di kelas sepeda motor kelas menengah untuk pasar di Indonesia, CBR250RR memiliki sejumlah teknologi modern yang menjadi andalannya.

Namun terlepas dari ketangguhan dan keunggulan CBR250RR, pastinya tidak lepas dari sejarah bagaimana Honda menciptakan sepeda motor.

Ketika menelusuri sepeda motor bermesin 250cc buatan pabrikan dengan logo sayap ini, ternyata ada satu motor yang cukup melegenda di zamannya, motor tersebut, yakni Honda NSR250.

Motor tersebut dibuat pertama kali pada tahun 1985-an sebagai motor replika dari motor balap MotoGp yang dikembangkan secara khusus oleh tim balap Honda Racing Corp (HRC). Pada waktu itu, Honda NSR250R digunakan sebagai motor balap pada ajang Grand Prix kelas dunia.

Kemudian pada tahun 1987-an baru muncul versi produksinya dengan kode MC16 atau yang disebut dengan Honda NSR 250R. Dari beberapa informasi ada juga yang menyebutnya dengan NSR250R type G.

Pada waktu itu Honda NSR 250R menjadi produk yang digemari, tidak hanya di Jepang bahkan di beberapa negara di Asia. Untuk sekarang ini, Honda NSR 250R juga masih menjadi kendaraan favorit, khususnya sebagai motor koleksi.

Untuk mengetahui lebih detail mengenai Honda NSR 250R berikut spesifikasinya:

1 dari 1 Halaman

Spesifikasi Lengkap

Spesifikasi Lengkap

Honda NSR 250R menggunakan sumber tenaga dengan mesin berkode MC16E, berkapasitas 249cc, liquid cooled, 2 stroke, 90 derajat, 2 silinder V-Twin. Untuk kompresi rasionya bisa dibilang cukup 'rendah' yaitu 6.1:1.

Secara data tertulis, tenaga yang mampu dihasilkan mesin tersebut bisa mencapai 45 Hp pada putaran mesin 9500RPM dan torsi maksimum mencapai 3.6 Nm di 8500 RPM. Tenaga tersebut kemudian dipadu dengan tranmisinya enam percepatan, dan koplingnya menggunakan tipe basah.

Untuk sistem pengabutan bahan bakarnya menggunakan karburator dengan kode TA10A, yang kemudian pada sektor pengapiannya disuplay dari kelistrikan menggunakan CDI.

Pada bagian framenya menggunakan rangka model 'deltabox' berbahan alumunium, yang kemudian dipadu dengan bodi full fairing untuk menutupi sejumlah partnya.

Kemudian untuk kaki-kakinya, Honda NSR 250R menggunakan sepasang suspensi depan teleskopik dan untuk bagian belakang sudah monoshock. Bagian bannya, untuk depan berukuran 100/80-17, sementara belakangnya menggunakan ukuran 130/70-18.

Sistem pengereman depan sudah menggunakan double disc yang diperkuat dengan kaliper yang masing-masing dipersenjatai dua piston. Sedangkan untuk belakangnya menggunakan single disc dengan kaliper satu piston.

Untuk bobotnya, Honda NSR250R memiliki berat kosong 125 kg, yang kemudian dilengkapi dengan tangki bahan bakar yang berkapasitas 16 liter.

(kpl/rd)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami