Sekalipun Tak Populer, Pemerintah Arab Saudi Akhirnya Izinkan Wanita Menyetir

Keputusan ini cukup mengejutkan sekaligus menyegarkan bagi kaum hawa yang selama ini lebih identik sebagai penghuni rumah tetap.

Senin, 02 Oktober 2017 11:15
Wanita Menyetir (foto: Al Jazeera)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Bisa dibilang bahwa wanita adalah masyarakat kelas 2 di negara dengan sistem kerajaan seperti Saudi Arabia. Hal ini dibuktikan dengan peraturan di mana Kerajaan Arab Saudi tidak pernah mengijinkan wanita untuk keluar rumah di malam hari, ataupun menyetir kendaraan.

Tapi satu terobosan dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi dengan mengijinkan kaum hawa untuk menyetir mobil. Hal ini dikutip dari Al Jazeera yang rilis pada tanggal 27 September 2017 kemarin.

Keputusan tersebut dilakukan langsung oleh raja Arab Saudi yakni Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, hanya saja perintah tersebut baru bisa diperlakukan beberapa bulan semenjak dari sekarang. Rilis resmi itu sendiri dikeluarkan oleh Saudi Press Agency beberapa hari sebelumnya.

Komite yang membawahi keputusan atas diizinkannya perempuan untuk menyetir di kerajaan Arab Saudi akan diresmikan kira-kira 30 hari setelah diumumkan dan kabarnya akan mulai diberlakukan kurang lebih 23 dan 24 Juni pada tahun 2018.

Hal ini bisa dibilang merupakan sesuatu yang revolusioner, karena seperti yang diketahui bahwa wanita, selain tak boleh menyetir dan keluar rumah dimalam hari, juga tidak boleh menonton pertunjukkan-pertunjukkan tertentu.

Namun pada akhirnya, wanita juga diijinkan untuk menonton pertandingan sepakbola misalnya. Hal ini merupakan misi Vision 2030, dimana ditargetkan pada masa tersebut perencanaan sosial dan ekonomi bisa lebih lepas dari ketergantungan kepada minyak.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami