Sekali Kecelakaan, Tim MotoGP Bisa Merugi Rp 1,6 Miliar

Lalu, berapa sih hitung-hitungan budget MotoGP dan bagaimana bisa kerugian yang ditanggung harus sebesar itu?

Rabu, 15 November 2017 11:08
Ilustrasi Valentino Rossi Crash di Valencia 2017 by Istimewa
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Kecelakaan hebat yang menimpa Valentino Rossi, pembalap Movistar Yamaha, saat melakoni uji coba di Sirkuit Valencia membuat Yamaha YZR-M1 tunggangannya hancur hingga tidak mampu melanjutkan race. Kecelakaan seperti itu tentu saja tak pelak dari kerugian yang ditanggung tim karena  harus menggantinya dengan mesin baru.

Lalu, berapa sih hitung-hitungan budget MotoGP dan berapa kerugian yang ditanggung oleh tim?

Menurut penuturan kepala teknisi LCR Honda, Christophe Bourguignon yang bertanggung jawab atas motor Honda RC213V kepunyaan Cal Crutchlow, setiap kali terjadi kecelakaan, tim harus kehilangan antara €15,000 (Rp 239,5 jutaan) hingga €100,000 (Rp 1,6 Miliar) dari total budget mereka!

Terang saja nominalnya sangat besar mengingat satu motor untuk MotoGP harus dilengkapi dengan peralatan standar  dan disenpurnakan oleh bahan-bahan berkualitas tinggi serta teknologi level wahid.

Berdasarkan keteranan Christophe di laman telegraph.co.uk, 2/8/2017, setiap part motor dirancang sedetail mungkin untuk memastikan kecepatan dan keselamatan pembalapnya dan tidak ada satu pun dari sekian part yang berharga murah!

Bobot motor yang begitu berat membuat kecelakaan dipastikan tidak mungkin 'ringan', dan akan menghancurkan komponen vital motor sehingga mewajibkan tim untuk menggantinya, apalagi jika kerusakan beruntun sehingga harus diganti secara keseluruhan.

Satu contoh betapa mahalnya cost satu motor untuk MotoGP adalah satu set carbon brakes yang dihargai hingga 10,000 Euros atau hampir setara dengan Rp 160 jutaan. Belum untuk komponen yang lain seperti sensor, fairing, velg, ban, dst.

Setiap manufaktur dan spesifikasi motor memiliki harga masing-masing. Contoh di atas hanya untuk motor LCR Honda saja, yang pastinya berbeda jika dibandingkan dengan motor-motor lain seperti Ducati, Yamaha, Suzuki atau pun KTM.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/sdi)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami