Sejumlah Ruas Jalanan Jakarta Akan Dibikin Sepi Selama 6 Jam Saat Malam Tahun Baru 2022

Polda Metro Jaya akan melakukan penutupan sejumlah lokasi, salah satunya kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta.

Kamis, 23 Desember 2021 08:15
Sejumlah Ruas Jalanan Jakarta Akan Dibikin Sepi Selama 6 Jam Saat Malam Tahun Baru 2022 Pengalihan arus lalu lintas di kawasan Monas. ©Liputan6.com/Yopi Makdori

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Menyambut malam pegantian tahun 2022, Polda Metro Jaya telah menyiapkan strategi untuk menghindari penularan COVID-19 akibat ramainya warga keluar rumah untuk merayakan momen tersebut.

Polda Metro Jaya akan melakukan penutupan sejumlah lokasi, salah satunya kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta.

"Rencana memang akan ada beberapa kawasan yang kita tutup, yang pertama sudah pasti Jalan Sudirman-Thamrin, kedua Jalan Gunawarman, Senopati, SCBD, kemudian kawasan di Menteng itu kalau dilihat termasuk Sabang dan Cikini Raya, kemudian Kemayoran," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada Merdeka.com, Rabu (22/12).

1 dari 4 Halaman

Selain itu, kawasan yang turut terimbas oleh kebijakan ini ialah Asia Afrika dan Kota tua, termasuk beberapa lokasi lainnya.

"Setelah itu Asia Afrika, Bulungan, Barito dan sekitarnya. Kemudian kawasan Kemang, Banjir Kanal Timur, kota tua, itu kawasan yg akan kita tutup termasuk juga Ancol dan Taman Mini," sambungnya.

Penutupan akan berlangsung dari malam hingga pagi dini hari selama enam jam, yakni dari pukul 22.00 WIB hingga 04.00 WIB pada tanggal 31 Desember 2021 saja atau persis ketika malam pergantian tahun baru.

 

2 dari 4 Halaman

"Jadi memang sesuai aturan kafe, resto dan beberapa tempat umum lainnya boleh buka sampai jam 22.00 Wib, misalnya di SCBD kita tutup jam 22.00 Wib. Orang keluar sudah tidak boleh masuk, nanti yang dari dalam akan disuruh keluar. Nantinya ada petugas yang menyisir satu per satu kafe, restoran untuk tutup pada waktunya," ujarnya.

Kebijakan ini diakui Kombes Sambodo sebagai langkah untuk memotong rantai penyebaran COVID-19 yang berpotensi meningkat saat perayaan malam tahun baru.

"Supaya ketika malam pergantian tahun pukul 24.00 Wib, bisa memastikan kafe dan restoran sepi pengunjung. Sehingga tidak terjadi perayaan malam tahun baru yang memungkinkan terjadinya penularan Covid-19, sehingga tidak ada juga pesta kembang api di jalan dan sebagainya," sambungnya.

3 dari 4 Halaman

Pengambilan Keputusan

Penutupan hingga 73 ruas jalan di DKI Jakarta ini merupakan bagian dari Crowd Free Night yang sedang digalakkan oleh Polda Metro Jaya bersama instansi terkait.

Keputusan itu diambil saat rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun baru 2022.

"Pengamanan malam tahun baru itu akan diberlakukan Crowd Free Night. Itu ada 73 titik yang akan diberlakukan untuk wilayah DKI Jakarta," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan, Selasa (21/12).

 

4 dari 4 Halaman

(kpl/sdi)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami