Sejumlah Merek Siap Luncurkan Mobil Hybrid untuk Indonesia

Gaikindo menyebutkan sedikitnya ada 7 merek yang sedang menyiapkan kendaraan Plug-In Hybrid (PHEV) untuk Indonesia.

Jum'at, 27 November 2020 19:15
Sejumlah Merek Siap Luncurkan Mobil Hybrid untuk Indonesia Mobil hybrid Nissan Kicks e-POWER (Nissan)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Indonesia adalah salah satu negara yang menandatangani kesepakatan Paris untuk menurunkan emisi gas rumah kaca. Terkait hal itu pemerintah pun mengeluarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 20 tahun 2017.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 20 tahun 2017 menetapkan bahwa Indonesia mulai mengadopsi Standard Emisi Gas Buang Euro IV semenjak Oktober 2018.

Setahun kemudian diterbitkan Peraturan Pemerintah No. 73 tahun 2019 yang mengarah kepada penerapan pajak barang mewah kendaraan bermotor (PPnBM), dari yang semula berdasarkan bentuk kendaraan serta besaran mesin menjadi pajak barang mewah kendaraan bermotor yang lebih mendasarkan kepada tingkat emisi gas buang, serta effisiensi penggunaan bahan bakarnya.

 

 

1 dari 2 Halaman

Peraturan Pemerintah No. 73/2019 juga dikenal sebagai harmonisasi tarif pajak kendaraan bermotor, dan dinilai dapat meningkatkan investasi di sektor otomotif di Indonesia, sehingga utilisasi kapasitas industri otomotif nasional akan meningkat untuk memenuhi produk-produk otomotif yang ramah lingkungan, baik untuk kebutuhan dalam negeri maupun untuk ekspor.

Merespon peraturan tersebut, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dalam keterangan resminya menyatakan bahwa anggota Gaikindo menyiapkan produk-produk mereka yang lebih ramah lingkungan untuk diproduksi di Indonesia, untuk pasar domestik maupun ekspor ke mancanegara.

Kendaraan-kendaraan ramah lingkungan yang disiapkan tersebut meliputi Hybrid (HEV) Plug-In Hybrid (PHEV), bahkan Kendaraan Bermotor listrik berbasis battery (BEV).

 

2 dari 2 Halaman

Anggota Gaikindo yang telah menyiapkan produk-produk tersebut antara lain, Daihatsu, Honda, Hyundai, Mitsubishi, Suzuki, Toyota dan Wuling. 
"Proses persiapan itu telah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu dan diharapkan produk-produk tersebut dapat segara diproduksi di Indonesia dalam waktu dekat," sebut Gaikindo.

Berdasarkan Peta Jalan Pemerintah di bidang Industri Kendaraan Bermotor, diprediksi pada tahun 2025 total produksi kendaraan bermotor di Indonesia dapat mencapai 3 juta unit. Dari jumlah tersebut, 2 juta untuk kebutuhan domestik dan 1 juta unit untuk diekspor ke berbagai negara didunia.

Peningkatan produksi tersebut juga berpotensi untuk memberikan peluang lapangan pekerjaan baru setidaknya bagi 1 juta orang disektor otomotif.

(kpl/nzr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami