Sejarah Singkat AMG, Ahlinya Mobil Kencang Mercedes-Benz

Simak sejarah singkat mengenai Mercedes-AMG, varian mobil Mercedes-Benz yang berperforma tinggi.

Jum'at, 05 Juli 2019 12:15
Sejarah Singkat AMG, Ahlinya Mobil Kencang Mercedes-Benz Mercedes-AMG GLC63 S (Scoopnest.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Bagi para penggemar otomotif, khususnya merek Eropa tentu sudah tak asing dengan nama AMG. Ya, mereka adalah divisi dari Daimler AG, pemilik Mercedes-Benz yang khusus menangani mobil mewah berperforma tinggi.

Mengutip dari situs resmi Mercedes-AMG, perusahaan ini awalnya dibuat sekitar tahun 1960-an oleh seorang pria bernama Hans-Werner Aufrecht. Sebenarnya, ia adalah mekanik pabrikan asal Jerman tersebut.

Aufrecht terpaksa melakukannya sebagai salah satu bentuk kekecewaannya pada Mercedes-Benz yang memutuskan mundur dari dunia balap. Namun, ia tetap ingin meneruskan kiprah pabrikan berlogo tiga bintang itu di lintasan.

Bersama mekanik jenius bernama Erhard Melcher, Aufrecht kemudian melakukan rombakan yang fantastis pada Mercedes-Benz 300SE. Mobil sedan klasik ini pun mengalami peningkatan performa yang signifikan, dari 170 hp menjadi 235 hp.

Kerja keras Aufrecht dan Melcher tak sia-sia. Di tahun 1965, Mercedes-Benz 300SE hasil rombakan mereka itu berhasil meraih 10 gelar juara pada berbagai ajang balap mobil touring di Jerman sekitar pertengahan 1960-an.

Karena prestasi tersebut, tak sedikit orang Jerman yang mengatakan bahwa mobil itu adalah Mercedes yang lebih kencang Mercedes-Benz. Alhasil, Aufrecht dan Melcher banjir pesanan dan memutuskan untuk keluar dari Mercedes-Benz.

1 dari 1 Halaman

1 Orang 1 Mesin

1 Orang 1 Mesin

Mereka kemudian mendirikan bengkel di kota asal Mereka, Grossachspach, Jerman. Karena itulah muncul istilah AMG yang merupakan kepanjangan dari Aufrecht-Melcher-Grossachspach dan bertahan sampai sekarang.

Berkat keberhasilan mereka, AMG pun akhirnya mendapat pengakuan dari Mercedes-Benz. Permintaan membuat mesin pun meningkat drastis sehingga pabrik AMG dipindah ke Affalterbach dan masih hingga hari ini.

Akhirnya pada tahun 1990-an Mercedes-Benz secara resmi menjalin kerja sama dan menurunkan AMG sebagai tim balap resmi mereka. Kemudian, saham AMG sebagian besar dibeli oleh Mercedes-Benz dan namanya berubah menjadi Mercedes-AMG GmbH.

Saat ini, di pasar otomotif global, setiap produk Mercedes-Benz memiliki varian AMG , mulai dari city car hatchback, SUV, hingga sedan besar mewah Mercedes-Benz S-Class. Model yang tidak memiliki varian AMG ialah mobil MPV Mercedes-Benz V-Class dan pick-up premium, Mercedes-Benz X-Class.

Setiap mobil Mercedes-AMG memiliki tampilan yang lebih sporty dibanding varian standar, baik interior maupun eksteriornya, tanpa meninggalkan kemewahan dan kenyamanan khas Mercedes. Suspensinya juga dibuat lebih keras serta ground-clearance yang lebih rendah.

Saat ini, Mercedes-AMG dikenal dengan mesinnya yang hanya dibuat oleh 1 orang mekanik. Ya, setiap 1 pekerja di Mercedes-AMG membangun sebuah mesin dan membubuhkan tanda tangannya di jantung penggerak tersebut.

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami