Sederet Modifikasi Chevrolet Jambrong, Pikap yang Populer di Era 40-an

Seperti apa potret modifikasi Chevrolet Jambrong dan bagaimana sejarahnya di Indonesia?

Kamis, 09 Juli 2020 17:15
Sederet Modifikasi Chevrolet Jambrong, Pikap yang Populer di Era 40-an Modifikasi Chevrolet Jambrong (Instagram/@golf_2_glx)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Mengulik kendaraan klasik di era dulu tak akan ada habisnya. Setelah dua truk legendaris Mercy Bagong dan Toyota Buaya, kini ada lagi pikap jadul yang tak kalah populer dari kedua truk tadi.

Pikap tersebut adalah Chevrolet AK Series. Di jalanan Tanah Air memang keberadaan pikap ini sudah sangat jarang, bahkan tidak ada. Namun nyatanya kendaraan nyentrik ini mempunyai sejarah panjang di Indonesia, terutama di era 40-an.

Tak heran, beberapa kalangan yang menyukai kendaraan klasik kerap memburu, baik dalam kondisi sebelum atau sesudah direstorasi.

Terkadang ada juga yang memodifikasi pikap ini dan memamerkannya di kontes modifikasi mobil. Seperti apa potret modifikasi Chevrolet AK Series dan bagaimana sejarahnya di Indonesia? Berikut sederet modifikasi Chevrolet AK Series yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber.

1 dari 5 Halaman

Dikenal sebagai Chevrolet Jambrong

Instagram/@redsimplyrouge

Dibalik sosok gagah pikap ini, ternyata Chevrolet AK Series di Indonesia juga dikenal sebagai Chevrolet Jambrong atau Jenggot. Sebutan ini ada karena desain bumper yang mirip dengan jenggot.

2 dari 5 Halaman

Jadi tulang punggung angkutan barang di Indonesia

Instagram/@golf_2_glx

Chevrolet Jambrong di era 40-an dikenal luas sebagai penggerak perekonomian. Pikap ini bertugas untuk mengangkut barang atau komoditi di masa itu.

3 dari 5 Halaman

Diproduksi tahun 1941-1947

Instagram/@skylark_1967

Perlu diketahui, Chevrolet AK Series atau yang sering disebut dengan Chevrolet Jambrong ini diproduksi antara tahun 1941 hingga 1947.

4 dari 5 Halaman

Pakai mesin 6 silinder

Instagram/@456mgt2

Meski klasik, nampaknya soal urusan mesin tak kalah saing dengan mobil-mobil era sekarang. Chevrolet Jambrong gunakan mesin 6 silinder 3.500cc dan 3.700cc.

5 dari 5 Halaman

Model AK Series

Instagram/@stealthmeister

Ternyata model AK Series sendiri tidak hanya pikap saja. Ada beberapa model lain, seperti bus dan truk.

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami