Sedang Berlangsung, 5 Pelanggaran yang Jadi Incaran Operasi Patuh Jaya 2020

Operasi Patuh 2020 akan berlangsung hingga 5 Agustus 2020 di seluruh Indonesia. Pada operasi patuh, pelanggar bisa dikenai sanksi tilang.

Jum'at, 24 Juli 2020 21:45
Sedang Berlangsung, 5 Pelanggaran yang Jadi Incaran Operasi Patuh Jaya 2020 Operasi Patuh Jaya 2020 (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Operasi Patuh Jaya 2020 sudah dimulai sejak kemarin, Kamis (23/7/2020). Operasi lalu lintas serentak di seluruh Indonesia itu akan berlangsung hingga 14 hari ke depan, yakni 5 Agustus 2020.

Pada operasi patuh, pelanggar tak hanya diberi teguran. Tapi polisi tak segan memberikan sanksi tilang, termasuk kepada pelanggar yang melanggar aturan lalu lintas yang berlaku di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

1 dari 2 Halaman

Melalui media sosial resmi TMC Polda Metro Jaya, terdapat lima pelanggaran yang ditekankan dalam Operasi Patuh Jaya 2020, berikut daftarnya:

1. Menggunakan bahu jalan di dalam tol

2. Menggunakan strobo atau sirine yang bukan Peruntukannya

3. Melawan arus

4. Pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm.

5. Stop line atau marka jalan

"Sasaran dari operasi ini adalah ada lima khususnya, kepada masyarakat ataupun pengendara lalu lintas," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dilansir kanal Megapolitan Liputan6.com.

 

2 dari 2 Halaman

Tekan Pelanggaran dan Kecelakaan

Nana berharap, dengan Operasi Patuh Jaya, masyarakat dapat menjadi lebih tertib berlalu lintas dan menekan angka pelanggaran juga kecelakaan kendaraan bermotor.

"Pada masyarakat ini semua untuk kita semua bahwa kita harus mematuhi untuk tertib berlalu lintas dan mematuhi protokol kesehatan," Nana menandasi.

Operasi patuh Jaya ini dilakukan mulai hari ini hingga dua pekan ke depan, melibatkan 1807 personel, terdiri dari POLRI TNI Satpol PP dan Dinas Perhubungan di wilayah DKI Jakarta.

Data Polda Metro Jaya, selama setengah tahun ini terjadi sebanyak 4708 kecelakaan dan 484.302 pelanggaran.

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami