Sedan Hybrid Baru untuk Menteri Jokowi, Apa Saja yang Diubah?

Ada beberapa aksesori khusus yang dipasangkan pada sedan hybrid baru untuk Menteri Presiden Jokowi

Selasa, 22 Oktober 2019 17:15
Sedan Hybrid Baru untuk Menteri Jokowi, Apa Saja yang Diubah? Toyota Crown (motor1.com)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Menteri-menteri kabinet Jokowi-Ma'ruf akan menggunakan sedan baru setelah usia mobil dinas sebelumnya 10 tahun. Mobil baru tersebut adalah sedan khusus yang tidak dijual umum, yakni Toyota Crown 2.5 HV G-Executive.

Pemilihan sedan hybrid ini juga sesuai dengan wacana pemerintah terhadap regulasi mengenai mobil ramah lingkungan terutama mobil listrik, termasuk juga hybrid di dalamnya.

"Dengan terpilihnya mobil hybrid rasanya cukup baik efeknya di masyarakat. Sebenarnya bukan istilah lagi karena produknya sudah banyak dan awareness-nya juga sudah cukup tinggi. Teknologi ramah lingkungan juga makin diminati," kata Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM).

1 dari 2 Halaman

Pemasangan Aksesori

Di Jepang sendiri, sedan ini juga dijual secara khusus dan bukan untuk umum. Sudah menggunakan sasis Toyota New Global Architecture (TNGA) untuk mengoptimalkan peredaman suara, sedan tersebut menggendong mesin bensin 2.487 cc 184 ps, sementara motor elektriknya berdaya 143 ps dengan klaim konsumsi bahan bakar 24 kilometer per liter.

Fitur keselamatannya terdiri dari pre-collision safety system, Dynamic Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist, Automatic High Beam, Adaptive High Beam System, hingga Road Sign Assist.

"Untuk di Indonesia (sama seperti yang di Jepang). (Untuk menteri di Indonesia) mobil itu ada pemasangan aksesori, pemasangan tiang bendera, pelat nomor, kaca film. Enggak ada yang khusus sih. Pelat nomornya ada tiga," kata dia.

2 dari 2 Halaman

Servis di Mana?

Sesuai kode nama HV, sedan Crown ini merupakan jenis hybrid yang dijual secara khusus dan bukan untuk umum. Karena khusus, maka servisnya pun tidak sembarangan

Anton Jimmi menjelaskan bahwa kendaraan-kendaraan ini nantinya akan diservis di bengkel dealer Toyota, yakni di Auto2000.

"Basicly kan ke Astra International atau Auto2000 yah. Kebetulan Crown yang sekarang servisnya di Auto2000 juga, jadi enggak ada perubahan dengan sebelumnya," ujarnya.

Perlakuan servis pun disebut umum-umum saja. Salah satu layanan yang diberikan adalah perawatan gratis selama 5 tahun.

"Seperti normalnya datang ke bengkel. Dan ini pun sudah free parts dan free jasa 5 tahun. Sesuai dengan permintaan pemerintah. Oli semua sudah termasuk," tambahnya.

(kpl/nzr/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami