Seberapa Penting dan Bagaimana Cara Kerja Aerodinamika Motor?

Meningkatkan aerodinamika motor mampu mempermudah sekaligus mempercepat kelajuan.

Senin, 25 Desember 2017 20:15
Foto by MotoGP
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Desain motor, terutama motor balap, memiliki bentuk yang berbeda dibandingkan dengan model-model motor layak jalan. Salah satu alasannya ialah, meningkatkan aerodinamika motor sehingga mampu mempermudah sekaligus mempercepat kelajuan.

Bukan hanya itu saja, aerodinamika pun mampu dimanfaatkan sebagai downforce atau daya tekan ke bawah untuk mencegah motor mengalami wheelie yang kerap kali merugikan para pembalap, karena mengurangi catatan waktu.

Oleh sebab itu, rupa aerodinamika motor selalu dihitung secara cermat, bukan hanya memperhitungkan tampilan, tapi juga seberapa besar fungsi dan imbasnya terhadap pembalap.

Seperti halnya yang diterapkan dalam dunia balap MotoGP. Arena race kelas wahid ini tidak bisa dipungkiri selalu menyajikan hal seru soal perkembangan teknologi motor. Dan aerodinamika menjadi salah satu kunci kesuksesan masing-masing tim!

Ducati merupakan satu dari sekian tim yang sangat getol mengaplikasikan aerodinamika untuk 'menjinakkan' tenaga buas motor mereka.

Dengan batasan yang diwajibkan oleh Dorna sebagai penyelenggara MotoGP, Ducati pun harus putar otak agar ridernya kompak dengan kondisi motor serta lintasan. Terbukti, musim 2017 ini rider Ducati, Andrea Dovisiozo dan Jorge Lorenzo mampu menunjukkan tajinya.

Lalu apa saja sih fitur dan aturan resmi Dorna soal aerodinamika tersebut? Mari tonton video di bawah:

 

SUDAH BACA INI JUGA?

(kpl/sdi)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami