Seberapa Lama Masa Pakai Oli Skutik Shell?

Oli baru menjadi paket gres yang khusus disediakan Shell Indonesia untuk sepeda motor matik atau skutik. Ada Zero, AX-5, dan AX-7. Apa keunggulannya? Apakah masa pakainya lebih lama?

Kamis, 12 Mei 2016 12:15
Foto : Nazar Ray
Editor : Albert

Otosia.com -

Oli baru menjadi paket gres yang khusus disediakan Shell Indonesia untuk sepeda motor matik atau skutik. Ada Zero, AX-5, dan AX-7. Apa keunggulannya? Apakah masa pakainya lebih lama?

Shofwatuzzaki atau Zaki, Shell Lubricants Technical Advisor Indonesia, menjelaskan bahwa masa pakai lebih lama yang dimaksud bukan soal seberapa banyak masa pakainya dalam hitungan kilometer.

"Sebenarnya kami tidak menentukan olinya akan tahan berapa kilometer. Kan ada parameter berapa lama oli akan bertahan, namanya oxidase test, untuk mengukur ketahanan oli. Dengan oli kompetitor yang kami uji, oli kami 43 persen lebih tinggi ketahanannya," ujarnya.

Dengan daya tahan dari kerusakan atau oksidasi yang 43 persen lebih baik, maka diharapkan masa pakainya lebih panjang.

image

Namun, soal seberapa jauh masa pakai itu, hal tersebut tergantung dari banyak faktor.

"Berapa kilometer akan bertahan itu bukan kami yang menentukan, melainkan kembali lagi pada pembuat sepeda motornya. Kami selalu ikuti rekomendasi dari pembuat sepeda motor karena beda motor, beda stres olinya. Kemudian, beda kondisi jalan, beda stres olinya. Beda pemakaian, bebannya, beda stres olinya," ujarnya.

Dari hasil pengujian, ia berujar bahwa oli Shell lebih tahan dari kerusakan.

"Kami bukan menjanjikan berapa kilo lebih lama, tetapi menjanjikan bahwa oli tetap terjaga sampai penggantian berikutnya. Jadi, ada safety margin-nya."

(kpl/why/nzr/abe)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami