Sebentar Lagi Luncur, Suzuki XL7 Bakal Diganti dengan SUV Baru?

Maruti Suzuki India dikabarkan sedang menyiapkan mobil kelas LSUV di India. Dengan demikian, apakah Suzuki XL6 dan XL7 akan digantikan dengan mobil itu?

Selasa, 07 Desember 2021 20:15
Sebentar Lagi Luncur, Suzuki XL7 Bakal Diganti dengan SUV Baru? Suzuki XL7 di GIIAS 2021 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Kembaran Suzuki XL7 di India, Suzuki XL6, kedapatan sedang uji jalan di India beberapa waktu lalu. Sekujur mobil itu ditutupi kain hitam pekat, hanya bagian kaca, ban, serta lampu depan belakang yang terlihat.

Meski belum dikonfirmasi oleh pihak Suzuki, mobil tersebut diduga kuat sebagai model facelift untuk XL6 yang bakal diluncurkan tahun depan, mengingat XL6 di India sudah mengaspal sejak tahun 2019.

1 dari 4 Halaman

SUV baru

Suzuki XL6 Facelift (motorbeam.com)

Mengutip autocarindia.com, Senin (6/12/2021), Maruti Suzuki India tengah menyiapkan SUV baru dengan nama Y17 untuk menyaingi Hyundai Alcazar di negeri Bollywood.

Lantaran SUV dari merek Korea Selatan itu kurang lebih memiliki dimensi yang sama dengan Mitsubishi Xpander Cross, maka mobil terbaru buatan Suzuki ini bisa jadi dipasarkan pada kelas Low SUV.

2 dari 4 Halaman

Yang menarik, XL6 ataupun XL7 juga berada dikelas LSUV. Dengan demikian, boleh jadi mobil baru ini akan menggantikan posisi XL6 di India dan masih mengusung fitur-fitur yang serupa, seperti head unit 7 inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto, AC digital otomatis, lampu otomatis, serta cruise control.

Kemungkinan besar bahwa Maruti Suzuki akan mengusung mesin 1.500cc naturally aspirated K15B dengan semburan tenaga 105 hp dan torsi 138 Nm. Tidak menutup kemungkinan adanya penyematan sistem mild hybrid untuk model-model tertinggi.

Untuk saat ini, belum diketahui apakah SUV terbaru ini akan menggantikan posisi XL6 di India, sekaligus Suzuki XL7 di Indonesia.

3 dari 4 Halaman

Spesifikasi Suzuki XL7

Sisi belakang Suzuki XL7 di GIIAS 2021 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Suzuki XL7 sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2020 dan hingga kini belum mendapat perubahan. Mobil tersebut ditawarkan sebagai mobil keluarga dengan sentuhan SUV, membuatnya terlihat lebih tough dan berbeda dibanding Ertiga biasa.

Mobil tersebut disematakan berbagai fitur menarik seperti dasbor bercorak karbon, MID berwarna, AC digital otomatis, armrest depan dan belakang, keyless dengan tombol start stop, spion E-Mirror dan sebagainya.

4 dari 4 Halaman

Peranti keselamatan mobil itu tidak jauh berbeda dengan kompetitornya. XL7 diberi dual airbags, ABS, EBD, Hill Start Assist (HSA), Electronic Stability Programme (ESP), kamera mundur, dan sensor parkir belakang.

Performa mobil itu hadir dari mesin 1.500cc naturally aspirated dengan semburan tenaga sebesar 105 hp dan torsi 141 Nm. Seluruh daya pacu mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5 percepatan atau transmisi otomatis 4 percepatan.

Untuk harga, Suzuki XL7 di Indonesia dibanderol mulai dari Rp 226,55 juta, hingga tipe termahal Alpha A/T dipatok Rp 261,7 juta.

(kpl/dit)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami