Sebelum Motor Gede Lahir, KTM Pernah Berjaya dengan Skuter

Pabrikan asal Austria tersebut menamai motor skuter pertama mereka dengan Mirabell

Rabu, 16 Desember 2015 18:15
KTM Mirabell by blog.ktm.com
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Sekitar 60 tahun silam, KTM yang sangat mahsyur dengan motor-motor super garang seperti Super Duke R rupanya pernah menelurkan produk skuter seperti halnya Piaggio. Pabrikan asal Austria tersebut menamai motor skuter pertama mereka dengan Mirabell yang merujuk pada sebuah destinasi wisata paling digandrungi di Salzburg, Mirabell Palace.

Sepuluh tahun setelah Perang Dunia II, Austria mengalami masa kejayaan ekonomi dan saat itulah KTM (Kronreif & Trunkenpolz, Mattighofen) memutuskan untuk mengeluarkan skuter R 100, Tourist, Grand Touris yang terakhir adalah sebuah skuter. Itulah saat-saat Mirabell mulai dikenal oleh dunia.

Karakteristik KTM Mirabell di eranya terkenal dinamis, elegan dan sedap dipandang, meskipun jika merujuk di masa sekarang, ia nampak unik dan ketinggalan zaman. Saat itu skuter-skuter KTM dipasarkan dengan label 'automobile scooters' atau 'cars on two wheels'.

Mesin yang dipakai serupa dengan kepunyaan KTM Tourist 125cc dan berakselerasi 3-percepatan. Total power yang dihasilkan sebesar 6 hp. Karena desainnya yang minim lubang sebagai corong udara pendingin, ia lantas dibekali dengan kipas yang dipasang pada Dynastarter.

Selain Mirabell, pada tahun 1957 KTM juga meluncurkan moped Mecky dan Ponny versi 1961. KTM Ponny merupakan varian yang sangat laris karena berhasil menorehkan catatan penjualan hingga 14.000 unit di Jerman. Setelah Ponny diproduksi hingga menyentuh angka 40.000 unit, muncullah versi baru Ponny II yang bertahan bahkan tanpa perubahan selama 26 tahun lamanya.

PECINTA MOTOR KLASIK WAJIB MEMBACA KABAR BERIKUT

(kpl/sdi)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami