Sebelum Esemka, BJ Habibie Ternyata Sempat Rencanakan Mobil Nasional Maleo

Tak hanya pecinta mobil, BJ Habibie ternyata sempat berencana menghadirkan mobil nasional Maleo di tahun 1996.

Kamis, 12 September 2019 11:15
Sebelum Esemka, BJ Habibie Ternyata Sempat Rencanakan Mobil Nasional Maleo BJ Habibie meninggal dunia (Liputan6.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Rabu malam kemarin (11/9) tersiar berita duka terkait Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie. Presiden ke-3 Republik Indonesia itu meninggal dunia di usianya yang ke-83.

Sebenarnya, masa jabatannya sebagai presiden sangat singkat, hanya 1 tahun 5 bulan. Namun, BJ Habibie sempat berencana untuk menghadirkan mobil nasional (mobnas).

Ya, proyek tersebut bernama Maleo. Dibidani oleh BJ Habibie pada tahun 1996, harga mobnas ini rencanaya akan dipator tak lebih dari Rp30 juta agar terjangkau oleh masyarakat.

Tak sendiri, BJ Habibie menggandeng Orbital, perusahaan asal Australia. Kala itu, mesinnya berkapasitas 1.200 cc dan masih bersistem 2-tak, namun dikawinkan dengan sistem pengabutan injeksi.

1 dari 1 Halaman

Harus Terhenti

imageHarus Terhenti

Proyek mobnas Maleo ini juga berkolaborasi dengan pabrikan legendari asal Inggris, Rover. Rencananya, mereka mengembangkan platform yang nantinya akan digunakan.

Nama mobnas Maleo sebenarnya diambil dari nama ilmiah satwa endemik, Macrocephalon Maleo. Burung ini hanya terdapat di sebagian kecil Sulawesi.

Selain terjangkau, mobnas Maleo rencananya juga dibuat untuk memajukan industri otomotif Indonesia. Bahkan, kandungan komponen lokalnya bisa lebih dari 80%.

Kabarnya, mobnas Maleo telah tercipta 1 unit sebagai contoh. Namun sayang, proyek ini terhenti lantaran dananya tersedot pengerjaan mobnas lainnya.

(kpl/crn)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami