Satria Jadi Primadona Ekspor, Berapa Banyak?

Suzuki Satria yang telah hadir semenjak 2004, keberadaannya tetap menjadi salah satu pilihan anak muda.

Rabu, 07 Maret 2018 21:15
Foto: Arsip Otosia.com
Editor : Fitradian Dhimas
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Suzuki Satria yang telah hadir semenjak 2004, keberadaannya tetap menjadi salah satu pilihan anak muda. Walaupun Suzuki punya jagoan baru GSX 150, Satria tidak kalah pamor. Dari total penjualan Suzuki roda dua, Satria berkontribusi sebesar 13%.

Tidak cuma di dalam negeri, nama besar Satria tetap bertahan di pasar mancanegara. Hal ini bisa dilihat dari ekspor Suzuki ke beberapa negara.

Dari ekspor completely built up (CBU) dan completely knock down (CKD) PT Suzuki Indomobil Sales 2W (SIS), nilai eksppr Satria terbilang besar.

Menurut Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Department SIS, secara total ekspor unit sepeda motor CBU dan CKD mengalami peningkatan 6,1% atau dilepas 113.185 unit dibandingkan tahun 2016 yang hanya 106.604 unit.

"Tahun 2017 merupakan pencapaian penjualan ekspor tertinggi selama 6 tahun terakhir, tercatat telah diraih pendapatan Rp 1,5 triliun," kata Yohan Yahya.

Kontribusi terbesar produk ekspor sepeda motor diraih oleh Suzuki Satria sebesar 35.640 unit atau tumbuh 13,7% dibanding tahun lalu sebesar 31.320 unit.

Sedangkan seri GSX yang diperkenalkan di ranah domestik juga dipasarkan ke dunia dengan total penjualan sebanyak 17.147 unit.

Terkait dengan negara tujuan ekspor sepeda motor, Suzuki menyasar 35 negara di dunia yaitu 8 negara di benua Asia, 2 negara di benua Oseania, 18 negara di benua Eropa, 4 negara di Amerika Selatan dan terakhir ke-3 negara di Timur Tengah

Suzuki juga akan terus "ngegas" di tahun 2018, berkaca dari plan global "Suzuki Next 100" di mana Indonesia akan menjadi pilar ketiga setelah Jepang dan India yang akan didorong sebagai basis produksi khususnya wilayah ASEAN dan Asia.

"Dengan adanya komitmen tersebut, Suzuki menargetkan pertumbuhan positif untuk tahun 2018," tutupnya.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/nzr/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami