Sambut Mudik, Pilih Datsun GO+ Panca atau Wagon R Dilago?

Mobil Murah Indonesia (LCGC) kini telah mendapatkan tambahan amunisi baru yang membuatnya semakin berwarna dan tentu saja bertambah pilihan yang diinginkan. Dari kubu Suzuki, kini sudah ada Datsun GO+ Panca yang rupanya disusul oleh kehadiran Wagon R Dilago.

Senin, 23 Juni 2014 19:15
Sambut Mudik, Pilih Datsun GO+ Panca atau Wagon R Dilago? Datsun GO+ Panca vs Wagon R Dilago

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Mobil Murah Indonesia (LCGC) kini telah mendapatkan tambahan amunisi baru yang membuatnya semakin berwarna dan tentu saja bertambah pilihan yang diinginkan. Dari kubu Suzuki, kini sudah ada Datsun GO+ Panca yang rupanya disusul oleh kehadiran Wagon R Dilago.

Di saat-saat mendekati bulan Romadhon dan juga lebaran, adalah waktunya juga untuk persiapan mudik ke kampung halaman. Bagi Anda yang menginkan mobil sebagai kendaraan mudik atau sudah menyiapkan dana untuk membelinya, boleh juga sekarang mulai survei harga dan spesifikasi.

Datsun GO+ Panca dan Suzuki Wagon R adalah dua varian anyar yang bisa menjadi rekomendasi untuk mudik Anda tahun ini. Selain harga yang cukup terjangkau karena mereka adalah mobil murah (LCGC), berbagai layanan prima yang dihadirkan oleh fitur-fiturnya.

Datsun GO+ Panca merupakan sebuah mobil keluarga dengan sebutan 5+2 seater yang mengadopsi keunikan dan kecerdikan desain ruangm kabin. Sedangkan Suzuki Wagon R Dilago, seperti yang dilansir dalam web resmi Suzuki, termasuk dalam versi compact MPV LCGC.

Ini soal pilihan. Manakah dari dua mobil baru ini yang paling pas dan sesuai kebutuhan Anda.

1 dari 7 Halaman

Eksterior

Eksterior

Menilik perawakan eksterior, memang semuanya tergantung selera 
dari konsumennya. Generasi Datsun GO+ Panca bisa dikatakan memiliki keeleganan yang lumayan menjual. Terlebih, segmennya sebagai MPV LCGC membuat gengsinya bernilai lebih tinggi.

Compact MPV Suzuki Wagon R Dilago juga tak kalah menarik jika dibandingkan dari versi lamanya. Seri Dilago ini lebih kaya fitur dan tentu saja ada tambahan pernak pernik eksterior sehingga makin luxury.

Beberapa tambahan style yang disematkan pada Wagon R Dilago 
tersebut diantaranya: 

  • Grille atas-bawah
  • Lampu Kabut
  • Front Spoiler
  • Pegangan pintu chrome
  • Side body molding 
  • Side skirt pada bagian belakang
  • Rear upper spoiler
  • Muffler tambahan di knalpot
  • Spoiler belakang bawa
  • Pelek lebih tinggi satu inch 
  • Ukuran roda 175/65 R14

2 dari 7 Halaman

Dimensi

Dimensi

Soal dimensi, jelas Datsun GO+ Panca memiliki dimensi lebih besar dan kapasitas kabin lebih luas karena posisinya sebagai mobil keluarga. Hanya saja, jika dibandingkan dengan size MPV (non- LCGC) yang ada seperti halnya Nissan Grand Livina atau Suzuki Ertiga, mobil ini terbilang cukup kecil.

Secara spesifik ia memiliki dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.653 mm, dan tinggi 1.485 mm.

Dengan bodi yang terbilang mungil itu, mode 5+2 seater yang ditawarkan rupanya cukup cerdik. Model GO+ Panca aslinya memiliki 5 seater, hal ini terindikasi juga namanya sebagai Panca yang berarti lima. Sedangkan (+2) adalah dua kursi dibelakang berbentuk mungil yang bisa dilipat.

Akan tetapi, dua kursi di belakang mempunyai dual fungsi antara tempat duduk dan bagasi. Jika membutuhkan bagasi, maka kursi perlu dilipat dan space tersebut secara otomatis akan menjadi bagasi. Itulah mengapa ia tidak langsung sebagai 7 seater, melainkan 5+2 seater.

Kalau Anda suka yang simpel dan ingin berkendara ringan dan lincah, bodi mungil Suzuki Wagon R Dilago bisa menjadi solusi. Karakter frisiknya yang ramping sebagai city car secara otomatis memberikan akomodasi lebih kecil. Tapi ia cenderung lebih praktis dan tidak menghabiskan ruang parkir.

3 dari 7 Halaman

Interior

Interior

Sebagai varian yang sama-sama berada pada segmen mobil murah, isi kabin memang tidak terlalu beda jauh. Fitur-fitur minimalis terpasang pada dua varian tersebut. Kalau soal desain, silakan cocokkan dengan selera Anda.

4 dari 7 Halaman

Fitur

Fitur

Pembekalan fitur-fitur minimalis yang hanya disesuaikan sesuai kebutuhan pengendara, dimiliki oleh dua varian tersebut. Ada tambahan juga fitur parking sensor dan alarm untuk keduanya.

5 dari 7 Halaman

Mesin

Mesin

Datsun GO+ Panca memiliki mesin 1200 cc dengan 3 silinder. 
Penggunaan dapur pacu tersebut memberikan gelontoran tenaga 
hingga 67 hp. Sedangkan torsi yang diletuskan menembus angka 
104 Nm. Mobil ini juga dikenal lebih mantap di putaran bawah, 
tapi lemah di putaran atas.

Sedangkan Wagon R memiliki dapur pacu dengan kapasitas silinder 
1000 cc berkode K10B penggerak roda depan (front wheel 
drive) yang menjadikannya tetap lincah di jalanan. Tenaga kuda yang dilesatkan dari jantung pacu tersebut mencapai 68 HP dan torsi 90 Nm.

6 dari 7 Halaman

Spesifikasi

Spesifikasi

Berikut spesifikasi komplit Datsun GO+ Panca dan Suzuki Wagon R Dilago:

KLIK UNTUK GAMBAR PENUH

KLIK UNTUK GAMBAR PENUH

7 dari 7 Halaman

Harga

Harga

Karimun Wagon R Dilago hanya menawarkan dua pilihan warna, yakni Pearl White dan Silky Silver. Mobil mungil ini dibanderol dengan harga Rp 105,7 juta on the road Jabodetabek.

Sedangkan untuk Datsun GO+ Panca memiliki harga terendah mulai Rp 85 jutaan. Berikut pricelist-nya:

  • Datsun GO+ Panca tipe D - Rp.85.000.000,-
  • Datsun GO+ Panca tipe A - Rp.92.400.000,-
  • Datsun GO+ Panca tipe A - Rp.92.900.000,-
  • Datsun GO+ Panca tipe T - Rp.99.000.000,-
  • Datsun GO+ Panca tipe T - Rp.102.900.000,-

 

(kpl/sdi)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami