Sama-sama Hybrid, Mending All New Yamaha Fazzio atau Honda PCX e:HEV?

Yamaha Fazzio dan Honda PCX e:HEV sama-sama skutik bermesin hybrid. Meski beda kelas, lebih unggul yang mana?

Sabtu, 22 Januari 2022 18:15
Sama-sama Hybrid, Mending All New Yamaha Fazzio atau Honda PCX  e:HEV? Yamaha Fazzio dan Honda PCX e:HEV (Yamaha, Honda)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru-baru ini meluncurkan skutik Fazzio Hybrid – Connected. Motor ini menggabungkan styling retro dengan teknologi ramah lingkungan hybrid.

Selain mengusung teknologi canggih, Yamaha Fazzio menjadi pilihan motor bermesin hybrid termurah. Bahkan pesaing terdekat motor itu adalah Honda PCX e:HEV, dengan selisih harga lebih dari Rp 20 juta.

Meski beda kelas, lebih unggul All New Yamaha Fazzio atau Honda PCX e:HEV?

 

1 dari 3 Halaman

Bodi

Fitur Honda PCX e:HEV (Honda)

Yamaha Fazzio dan Honda PCX e:HEV mengusung konsep desain yang bertolak belakang. Fazzio mengusung styling motor retro, cenderung lebih membulat. Hal ini terlihat pada bentuk lampu-lampu motor dan tarikan garis bodi yang minim lekukan.

Sebaliknya Honda PCX e:HEV mengadopsi bahasa desain skutik modern. Sekujur bodi motor ini dipenuhi banyak tarikan garis, membuat motor terlihat lebih sleek. Untuk membedakan varian hybrid, bagian spakbor samping PCX e:HEV diberi warna biru tua.

Terntunya hal paling mencolok ada pada perbedaan dimensi. Yamaha Fazzio mempunyai panjang 1.820 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1.125 mm. Sedangkan dimensi Honda PCX e:HEV mencakup panjang 1.936 mm, lebar 742 mm, serta tinggi 1.108 mm.

2 dari 3 Halaman

Fitur

Fitur Yamaha Fazzio (Yamaha)

Dari segi fitur kedua motor ini sama-sama mumpuni. Selayaknya skutik modern, Yamaha Fazzio dan Honda PCX e:HEV sudah dilengkapi lampu depan LED, speedometer digital, tempat penyimpanan dengan colokan socket 12v, keyless entryIdling Stop Start (ISS) dan lampu hazard.

Mengingat banderol PCX e:HEV yang lebih tinggi, skutik besar punya fitur lebih komplet, seperti rem belakang cakram, driving mode, lampu belakang LED, Anti-lock Braking System (ABS) serta kapasitas bagasi dan tangki bahan bakar yang lebih besar, yakni 24 liter dan 8.1 liter.

Khusus Yamaha Fazzio, pemilik bisa mengecek kondisi motor melalui telepon genggam melalui Yamaha Motorcycle Connect. Sedangkan bagasi motor ini berkapasitas 17,8 liter dengan ruang tangki bahan bakar sebesar 5.1 liter.

3 dari 3 Halaman

Mesin dan harga

Yamaha Fazzio dibekali mesin 125cc hybrid dengan output 8.3 hp dan torsi puncak 10.6 Nm. Sementara Honda PCX e:HEV memboyong mesin 156.9cc yang menghasilkan tenaga 16 PS dan torsi 14.7 Nm. Mesin itu dipadu dengan motor listrik bertenaga 1.9 hp dan torsi 4.3 Nm.

Untuk harga, Yamaha Fazzio Neo dibanderol Rp 21,7 juta, lalu Yamaha Fazzio Lux dijual Rp 22 juta. Sementara Honda PCX e:HEV dijual Rp 43,75 juta. Dengan perbedaan harga lebih dari Rp 20 juta, skutik hybrid mana yang menurut Anda pantas dipinang?

(kpl/dit)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami