Salah Satu Sebab Calo Samsat Berkeliaran

Baru tahap pertama kami sudah dibuat bingung...

Selasa, 29 Desember 2015 21:15
Ilustrasi Samsat by Hafid
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com -

Memperpanjang pajak tahunan kendaraan bermotor sering dianggap rumit bagi kebanyakan orang. Padahal, proses yang ditawarkan terbilang sangat mudah dan cepat. Jika memang mudah, lantas apa yang membuat masyarakat berpandangan negatif terhadapat hal tersebut?

Otosia sempat melalukan perpanjangan pajak tahunan kendaraan bermotor roda empat di Samsat Jakarta Timur yang berada di daerah Kebon Nanas, Jakarta Timur. Memasuki gedung Samsat kami langsung disambut hiruk pikuk masyarakat yang mengurus berbagai keperluaan untuk kendaraan bermotornya.

Kami pun memulai langkah pertama dalam proses perpanjangan pajak kendaraan bermotor tahunan yaitu mengisi formulir pendaftaran. Baru tahap pertama kami sudah dibuat bingung, lantaran loket pengambilan formulir berada di belakang dan tak memiliki papan informasi. Kami baru mengetahui loket tersebut setelah bertanya kepada petugas keamanan yang berjaga di pintu depan.

Setelah mendapatkan formulir, tahap selanjutnya yaitu menyerahkan berkas ke loket pendaftaran. Lokasi loket dapat dengan mudah kami temukan. Namun, akibat antrian yang panjang dan tak beraturan membuat kami harus berdesak-desakan guna menyerahkan berkas dan mendapatkan nomor antrian menuju tahap kedua.

Memasuki tahap kedua, lagi-lagi kami mendapati antrian masyarakat yang tak teratur. Salah satu masalah yang paling jelas terlihat adalah berkerumunnya orang di depan loket menunggu untuk dipanggil.

Setelah mendapatkan notice, kami langsung menuju loket pembayaran. Sama seperti loket-loket sebelumnya, kami harus menghadapi antrian cukup panjang. Meski memiliki dua loket pembayaran, antrian masih terlihat sangat panjang dan tidak beraturan. Hal ini menyebabkan antrian loket pendaftaran dan pengambilan notice menjadi terganggu. Tak sedikit masyarakat harus berdesak-desakan.

Baru ketika kami memasuki tahap terakhir keadaan mulai membaik. Meski beberapa insiden sempat terjadi, dimana masyarakat yang ingin mengadukan permasalahannya seperti ingin mengambil STNK yang sudah dimasukkan sejak kemarin menumpuk di depan loket.

Melihat keadaan di atas, maka tak aneh masyarakat enggan untuk mengikuti prosedur pemerintah yang berlaku. Tak jarang, mereka lebih memilih calo yang banyak bertebaran menjajakan jasanya. Tampaknya pihak berwenang perlu melakukan beberapa pembenahan agar masyarakat dapat dengan mudah melakukan prosedur di atas.

Adapun beberapa poin tersebut seperti menyiagakan keamanan agar antrian loket lebih tertib, penyediaan papan informasi yang lebih jelas, serta fasilitas loket yang lebih banyak.

KABAR MENARIK BERIKUTNYA

(kpl/fid/sdi)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami