Sabuk Keselamatan Daihatsu Xenia Mengencang dalam 0,02 Detik

Daihatsu berkeputusan menyematkan fitur pre-tensioner dan load limitter seatbelt, collapse brake pedal dan knee pad. Ini disajikan bersama fitur-fitur yang mendukung kenyamanan pada Xenia barunya.

Jum'at, 17 Mei 2013 08:30
Sistem Airbag New Daihatsu Xenia
Editor : Alvin

Otosia.com - Daihatsu berkeputusan menyematkan fitur pre-tensioner dan load limitter seatbelt, collapse brake pedal dan knee pad. Ini disajikan bersama fitur-fitur yang mendukung kenyamanan pada Xenia barunya.

Selain hadir sebagai penyegaran bagi pilihan mobil di tengah pasar MPV yang kian padat, kehadiran airbag dan lainnya pada Xenia juga atas temuan bahwa masyarakat kian memilih mobil dengan perangkat keselamatan mumpuni. Lalu bagaimana cara kerjanya?

1. Menjaga posisi duduk

Perangkat ini dikombinasikan dengan load limitter dan juga airbag akan 'menari' sempurna selepas benturan. "Untuk pre-tensioner dan load limitter seatbelt, jadi saat terjadi benturan, ada letupan di daerah retractor-nya itu, sehingga seatbelt menarik dan pengemudi ataupun penumpang depan tetap tegak dan tidak mengenai objek airbag ataupun panel instrumen," papar pihak Daihatsu.

2. Airbag meletus

Sabuk keselamatan akan mengiringi letusan airbag. Perangkatnya bekerja setelah 0,02 detik. Pada saat itu, sabuk yang sudah terpasang akan memendek sekitar 15 cm. "Dalam 0,02 detik setelah benturan maka safety belt akan dipendekkan 150 mm atau 15 cm," tambahnya.

Sistem Airbag New Daihatsu Xenia

3. Sabuk mengendur

Pasca semacam letupan, maka perangkat tersebut akan mengencang dalam 0,02 detik. "Kemudian setelah airbag meletus, untuk mengurangi cedera pada tulang selangka ini, safety belt tersebut dikendurkan untuk melepas force yang diderita oleh occupant atau driver," ungkapnya.

Sisa gaya itu sendiri dilepaskan untuk menghindarkan dari cedera di pengemudi dan penumpang dengan mengendurkan safety belt lebih kurang 20 cm.

(kpl/why/vin)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami