Saat Penjualan Sepi Daihatsu Ogah Mengumbar Diskon, Ini Alasannya

Meski penjualan sepi saat COVID-19, Daihatsu tetap tidak memberikan diskon dan uang muka rendah untuk kepemilikan mobil.

Selasa, 23 Juni 2020 16:15
Saat Penjualan Sepi Daihatsu Ogah Mengumbar Diskon, Ini Alasannya Ilustrasi calon konsumen Daihatsu Terios (Nazar Ray)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Daihatsu Indonesia tidak mau mengobral produknya dengan cara memberian program paket hemat, apalagi memberikan diskon besar-besaran. Daihatsu justru menyiapkan strategi khusus guna mendongkrak penjualannya di masa peralihan new norma.

Pandemi corona COVID-19 membuat penjualan di sektor otomotif mengalami penurunan. Berdasarkan data Gaikindo, selama Januari hingga Mei 2020, penjualan mobil nasional anjlok hingga 40 persen. Hal tersebut banyak dipengaruhi oleh Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah di Indonesia.

Sebagai salah satu pemain otomotif di Indonesia, Daihatsu juga mengalami pasang surut volume penjualan. New normal adalah masa transisi yang dijadikan Daihatsu untuk kembali mendongkrak penjualannya. Namun, ADM tidak sembarangan melaksanakan strategi dengan menghadirkan paket murah guna menjaring konsumen.

 

1 dari 2 Halaman

Menurut Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and CR Divisian Head Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), sekarang ini agak sulit untuk mengeluarkan paket-paket termurah seperti DP murah, uang muka rendah, angsuran ringan dan sebagainya. Program paket murah tersebut dalam situasi saat ini sulit untuk dilakukan, karena APM tidak bermain sendiri.

"Tujuh puluh hingga 75 persen penjualan dilakukan melalui kredit, meski pembelian cash masih diminati konsumen. Kalau kita mengeluarkan paket-paket seperti down payment rendah dan sebagainya, leasing akan sangat sensitif sekali," ungkap Hendrayadi.

 

 

2 dari 2 Halaman

"Kita enggak mau janji-janji dengan mengeluarkan paket-paket murah seperti itu. Itu sudah enggak mode. Sebagai gantinya, kita akan keluarkan paket-paket yang dianggap reasonable, baik oleh si pembeli maupun dengan perusahaan leasing," tambah Hendrayadi.

Namun demikian, Daihatsu berusaha untuk memberikan intensif-intensif, misalnya memberikan promo-promo di sesi-sesi tertentu seperti mengadakan event meski secara virtual yang telah digelar pekan lalu.

"Jadi, strategi yang kita lakukan adalah memberikan penawaran yang sangat menarik sekali," tutup Hendrayadi.

(kpl/nzr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami