Saat Penjualan Motor dan Mobil Turun, Permintaan Onderdil Malah Naik

Di saat penjualan mobil dan motor turun akibat pandemi COVID-19, Suzuki justru mencatat adanya kenaikan permintaan suku cadang.

Kamis, 09 Juli 2020 11:15
Saat Penjualan Motor dan Mobil Turun, Permintaan Onderdil Malah Naik Penjualan Suzuki Genuine Oil ikut naik (Otosia.com/Nazar Ray)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Kendati pandemi COVID-19 memukul penjualan mobil dan kotor, tapi lain halnya dengan suku cadang. Penjualan onderdil dan aksesoris saat transisi new normal mulai menunjukkan peningkatan.

PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) mencatat ada tren kenaikan positif baik Suzuki Genuine Parts (SGP), Suzuki Genuine Oil (SGO), maupun Suzuki Genuine Accessories (SGA) baik untuk mobil, sepeda motor, maupun Outboard Motor (OBM).

Menurut Christiana Yuwantie, Sparepart Dept. Head SIM), Christiana Yuwantie mengatakan kenaikan penjualan suku cadang Suzuki mulai terasa sejak Juni lalu.

"Memasuki masa transisi dan recovery pandemi COVID-19 ini, permintaan konsumen untuk suku cadang memang sudah mulai meningkat dan hampir kembali normal," katanya.

 

 

1 dari 2 Halaman

Total angka penjualan suku cadang Suzuki baik domestik dan ekspor di semua segmen di Juni 2020 mencapai angka 92 persen jika dibandingkan dengan periode bulan yang sama tahun 2019, setelah sempat turun selama 3 bulan berturut-turut pada periode Maret 2020 hingga Mei 2020.

Padahal pada periode April-Mei 2020 penjualan suku cadang dak asesoris sempat anjlok sekitar 32 persen, namun nilai penjualan suku cadang Juni 2020 sudah mulai mendekati angkapenjualan tahun lalu sebesar 91,6 persen.

Kenaikan terbesar berasal dari penjualan suku cadang sepeda motor sebesar 101,5 persen dan juga penjualan oli sebesar 126,5 persen. Masa transisi juga membuat total angka penjualan suku cadang OBM di bulan Juni pun mencapai angka 64,3 persen setelah sebelumnya menyentuh angka 13,6 persen di bulan Mei 2020.

"Jabodetabek menjadi kontributor terbesar penjualan suku cadang dan aksesori, dimana Juni lalu berhasil meraih peningkatan revenue sebesar 135,5 persen untuk sepeda motor dan 102,1 persen untuk segmen mobil jika dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu pada periode yang sama," paparnya.

2 dari 2 Halaman

Jawa Tengah berada di posisi kedua untuk segmen mobil dan sepeda motor, Jawa Timur untuk sepeda motor, dan Sumatera untuk mobil.

Sementara itu kendati belum siginifikan, penjualan suku cadang OBM di bulan Juni lalu berangsur naik, namun memang belum terlalu signifikan dikarenakan masih sedikitnya turis yang datang untuk wisata ke pulau atau pantai.

"Selain bengkel resmi, aplikasi My Suzuki juga menjadi alternatif saluran pembelian suku cadang selama masa pandemi COVID-19," tutupnya.

(kpl/nzr)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami