Saat Isu Babi Ngepet Viral, BMW R27 'Jadi-jadian' Lahir di Depok

Lewat tangan dingin builder Tauco Custom Motorcycle, Yamaha Scorpio lawaqs disulap penjadi BMW R27 klasik, tepat saat isu babi ngepet merebak di Depok.

Sabtu, 08 Mei 2021 21:15
Saat Isu Babi Ngepet Viral, BMW R27 'Jadi-jadian' Lahir di Depok Yamaha Scorpio Berwujud BMW R27 klasik (Tauco Custom)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Kota Depok sempat heboh oleh isu babi ngepet. Beritanya sempat viral di jagad maya beberapa waktu lalu. Nah, di saat bersamaan, di lokasi yang sama, Arief Mulyadi atau akrab disapa Andre mulai galau.

Galau bukan karena takut dompetnya ditilep si babi, namun Andre bimbang antara membeli motor baru atau mengkastem Yamaha Scorpio lawas miliknya. Usai bertukar pikiran dan sang anak, diputuskan untuk merestorasi saja besutannya.

Setelah mencari referensi, akhirnya Andre mempercayakan pengerjaan motornya pada rumah modifikasi kawakan Tauco Custom Motorcycle di bilangan Tanah Baru Beji Depok.

 

1 dari 7 Halaman

Wujud asli Scorpio tidak terlihat (Tauco Custom)

"Ada banyak rujukan dan pilihan bengkel custom yang lumayan bagus , tapi saya percayalah sepenuhnya sama mas Topo Goedel Atmodjo, yang dari hasil temuan saya lebih pengalaman dan punya talenta di bidang modifikasi," buka pria asli Betawi ini.

Yamaha Scorpio Andre semula hanya ingin diubah menjadi klasik, seperti bentuk Royal Enfield. Namun dengan berbagai pertimbangan akhirnya diputuskan mengambil tema BMW R27. Alasannya, selain terlihat antik, klasiknya juga dapat, sekaligus menyesuaikan dengan usia Andre yang tidak lagi seperti wajah kaum milenial. Yang penting jiwa muda terus, begitu gumam Andre dalam hati.

 

2 dari 7 Halaman

Andre sengaja memilih untuk membangun kuda besi lawasnya. Maklum Scorpio miliknya punya nilai historis yang tidak bisa ditukar dengan motor baru.

Tas kulit dengan emblem khusus NFS (Tauco Custom)

Ditambah lagi Andre sangat menyayangi keluarga. Tidak heran jika ada pesan khusus yang wajib dijadikan identitas di modifikasi kali in, yaitu logo NFS (Nafas Andre). Itu juga merupakan akronim dari 3 nama anak kesayangannya.

Pengaplikasian akronimnya ditempatkan pada beberapa part custom seperti knalpot, tas kulit dan juga emblem khusus. "Benar benar suami dan laki-laki idaman masa kini sekaligus masa depan, he-he-he," kelakar builder veteran sekaligus punggawa Tauco Custom Motorcycle, Topo Goedel Atmodjo.

 

3 dari 7 Halaman

Perubahan utama

Menurut Topo Goedel Atmodjo, ia menemukan tantangan tersendiri di modifikasi motor kali ini. Bukan Topo namanya kalau tidak unik dan selalu melahirkan ide dan hasil yang bernilai. Terbukti dari ubahan Yamaha Scorpio milik Andre, meski konsep dasarnya BMW R27, hasil akhirnya tidak mau persis seperti hasil copas.

Tangki bergaya klasik dengan emblem BMW (Tauco Custom)

Perubahan paling utama ada di subframe, dan jarak sumbu rodanya yang biasa disebut axis-distance. Pasalnya inilah yang sangat berpengaruh terhadap hasil akhir secara keseluruhan.

 

4 dari 7 Halaman

Panjang sumbu roda adalah kunci kenyamanan yang akan didapat. Ubahan yang dilakukan adalah memanjangkan sumbu roda namun masih dalam batas ideal. Panjangnya harus pas karena kesannya mengejar bentuk asli. Sebab belajar dari pengalaman, jika berlebihan malah dipakai tidak nyaman dan susah belok. Apalagi motor dikastem buat kebutuhan harian atau daily use.

"Modifikasi itu fleksibel, dan harus jelas menjawab kebutuhan. Artinya ada nilai khusus yang didapat, selain estetika yang didapat. Utamanya tetap fungsi dan nyamannya bisa diwujudkan," ungkap builder kawakan yang bengkelnya berada di jalan Sama berkah No 121 Tanah Baru Beji Depok.

Cover samping beraura motor klasik (Tauco Custom)

 

5 dari 7 Halaman

Untuk urusan bentuk bodi, tidak perlu dijabarkan lebih jauh, karena sudah menjadi keahlian khusus modifikator yang cukup tenar di era offline ini. Ada beberapa segmen khusus yang terlihat unik, seperti jok yang dibikin sendiri dan fitur kecil yang ditekankan sebagai detail bodi, seperti selongsong shock yang mengcover as dan tabungnya untuk mengkamuflase bentuk aslinya yang sebenarnya model springer .

Hasil akhir adalah kesan montok, padat dan berisi, serta terlihat dari harmonisasi body kit yang dirancang dari plat galvanis 0,9 mm, ciri khas Tauco Custom Motorcycle yang paten punya.

Terakhir untuk menopang performa dari ubahan overall, Scorpio rasa BMW R27 ini dirubah dengan paket bore up piston 72 dari BRT berikut pengapian setnya. Tidak lupa dengan porting polish dan mengganti noken as-nya yang juga produk BRT. Sementara suplay bensin diganti dengan karburator PE 28 yang mendukung knalpot custom double silencer full system.

6 dari 7 Halaman

Akronim NFS tercetak di knalpot (Tauco Custom)

Untuk menjaga mesin terlihat fresh dan maksimal, sentuhan vafor dan powder coating di seluruh bodi mesin, sukses diwujudkan.

Untuk pengerjaan, Tauco Custom Motorcycle membutuhkan waktu 3 bulan dengan biaya custom mencapai Rp 30 juta.

 

7 dari 7 Halaman

Data modifikasi:

  • Shock depan: Yamaha Byson original
  • Shock belakang: Variasi Ride it 34
  • Lampu depan: Daymaker spider 7 inchi
  • Stang setir: Camar 16
  • Tutup tangki: Pop up type
  • Spidometer: Gorilla digital
  • Lampu belakang: Variasi aftermarket
  • Lampu sein: Variasi jalu + variasi aftermarket
  • Knalpot: Double silencer WRC racing muffler
  • Jok + tas kulit: Bakti Leather
  • Bodi full set: Plat galvanis Tauco Custom Motorcycle

(kpl/nzr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami