Saat Corona COVID-19, Daihatsu Xenia Jadi Mobil Terlaris Ketiga

Saat pandemi corona Daihatsu Xenia menjadi mobil low MPV terlaris ke-3 dan telah terjual lebih dari 5.000 unit, dengan pangsa pasar 10,1%

Kamis, 21 Mei 2020 17:15
Saat Corona COVID-19, Daihatsu Xenia Jadi Mobil Terlaris Ketiga Xenia menjadi mobil terlaris ke-3 di segmen low MPV (Daihatsu)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Sektor otomotif ikut terpukul akibat corona COVID-19. Sejumlah segmen mengalami penurunan penjualan, termasuk di kelas low MPV. Daihatsu pun turut merasakan penurunan permintaan, termasuk salah satu andalan mereka Xenia.

Meski turun, namun secara nasional penjualan Daihatsu Xenia mencatatkan diri sebagai mobil terlaris ketiga di masa pendemi COVID-19 dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Berdasarkan data Gaikindo dari Januari-April 2020, penjualan ritel pasar otomotif nasional mencapai sekitar 243 ribu unit atau turun 28,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

 

1 dari 2 Halaman

Pada segmen MPV Low, meski mengalami penurunan, segmen ini masih menjadi kontributor terbesar di pasar otomotif Indonesia. Tercatat, penjualan ritel hingga 4 bulan pada tahun ini, MPV Low berkontribusi sekitar 20,8% dari total pasar otomotif Indonesia.

Pada periode yang sama, Daihatsu Xenia menjadi mobil low MPV terlaris ke-3 dan telah terjual lebih dari 5.000 unit, dengan pangsa pasar 10,1% dalam kurun waktu 4 bulan.

“Kami bersyukur, walaupun sudah 16 tahun sejak pertama kali diluncurkan pada 2004, di segment MPV Low, Daihatsu Xenia masih tetap dipercaya dan menjadi yang terlaris ke-3 dipilih oleh masyarakat Indonesia per YTD (year to date) April 2020,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

2 dari 2 Halaman

Sejak diluncurkan pada 2004 hingga April 2020, Daihatsu Xenia telah terjual lebih dari 670 ribu unit.

Sementara itu pada periode yang sama, penjualan ritel Daihatsu mencapai 44.346 unit dengan penurunan sekitar 26,9%. Walaupun terdapat penurunan secara volume pada pasar otomotif nasional, penjualan Daihatsu selama empat bulan mengalami kenaikan pangsa pasar menjadi 18,2%.

(kpl/nzr)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami