Rupanya Ini Dia Asal Mula 'Spirit of Ecstasy' Kebanggaan Rolls-Royce

Merek mobil mewah asli Inggris, Rolls-Royce, selain terkenal akan kemewahannya, juga identik dengan ornamen yang menghiasi ujung kap mesinnya berjuluk "Spirit of Ecstasy".

Sabtu, 18 November 2017 21:15
Foto: Rolls-Royce
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Merek mobil mewah asli Inggris, Rolls-Royce, selain terkenal akan kemewahannya, juga identik dengan ornamen yang menghiasi ujung kap mesinnya berjuluk "Spirit of Ecstasy". Namun, dari mana ornamen ini berasal?

Cerita bermula ketika pada tahun 1909 John Walter Edward Douglas-Scott-Montagu, seorang penggemar otomotif sekaligus editor majalah The Car Illustrated, memperkenalkan balap mobil pada Raja Edward.

Montagu adalah teman dekat Charles Rolls dan Claude Johnson yang merupakan pendiri Rolls-Royce bersama Henry Royce. Meskipun kala itu produk-produk Rolls-Royce sudah banyak dipublikasikan oleh Montagu, namun ada satu kekurangan yang sangat dirasakan oleh Raja Edward dan masyarakat Inggris, yaitu tidak adanya maskot atau lambang perusahaan. Hal itu menjadi sangat penting sebagai ciri khas dan kebanggaan dari sebuah pabrikan, tak terkecuali Rolls-Royce.

Karena desakan dari publik Inggris tersebut akhirnya Montagu menemui Charles Robinson Sykes, rekan kerja sekaligus ilustrator terkenal pada saat itu.

Montagu meminta Sykes untuk merancang sebuah maskot yang bisa mewakili mobil Rolls-Royce yang cepat dan tidak berisik, tidak ada getaran, serta menggambarkan energi besar dari makhluk hidup misterius yang indah dan luar biasa.

Tidak butuh waktu lama bagi Sykes untuk merealisasikan permintaan Montagu. Di tahun yang sama, dia menghadiahi Montagu (sekaligus Rolls-Royce) sebuah patung perunggu berbentuk wanita bersayap yang sedang membungkukkan badan.

Sykes memberi nama karya tersebut sebagai Spirit of Ecstasy, jiwa yang penuh suka cita. Maskot tersebut pertama kali menghiasi kap mobil Rolls-Royce bernama Silver Ghost milik Montagu keluaran tahun 1909.

Sykes mengaku bahwa The Whisperer menjadi inspirasi terciptanya Spirits of Ecstasy. The Whisperer adalah karya Sykes lain berbentuk patung wanita yang mengenakan gaun tipis dengan kaki kanan diangkat dan jari tangan kiri menyentuh bibir. Spirit of Ecstasy akhirnya dipasang di sebagian besar mobil Rolls-Royce sejak tahun 1911 dan menjadi standar produksi mulai tahun 1920 hingga sekarang.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami