Rp 250 Juta, Yamaha MT-09 Pakai Teknologi Tunggangan Rossi-Lorenzo

di Jakarta Fair, JIExpo Kemayoran Yamaha MT-09 dijual dengan harga Rp 250 juta.

Rabu, 03 Juni 2015 19:45
Yamaha MT-09 (Foto: Nazar)
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Yamaha MT-09 akhirnya diumumkan dengan harga jual Rp 250 juta di Jakarta Fair, JIExpo Kemayoran. MT yang merujuk pada "master torsi" menekankan tenaga yang besar. Posisinya sebagai motor kelas 900 cc ditambahi dengan bonus sejumlah teknologi yang mendukung.

"Dia memang dilengkapi berbagai teknologi, sesuai kebutuhan untuk high RPM," kata M Abidin, GM Service and Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Kruk as cross-plane adalah salah satunya. Menurut Abidin, ini adalah satu dari sekian hal yang diunggulkan pada MT-09. Kruk as model menyilang itu sendiri diaplikasikan berkat kesuksesan penggunaannya pada M1 yang jadi tunggangan Valentino Rossi saat menjadi juara dunia pada 2004, 2005, 2008 dan 2009, serta Jorge Lorenzo pada 2010 dan 2012.

 

"Ditambah, dia sudah mengaplikasi teknologinya cross-plane yang kita terapin di Motor M1," ujarnya.

Kruk as desain menyilang atau cross-plane ini sejatinya membuat piston-piston pada mesin motor meledak dalam waktu yang lebih berdekatan, jika dibandingkan dengan kruk as model rata. Dengan rapatnya ledakan, akselerasi tarikan pada mesin pun bisa naik lebih cepat.

Yamaha MT-09 sendiri menggunakan mesin 847 cc empat tak dengan pendingin cairan, DOHC, empat katup segaris yang terbagi dalam tiga silinder. Mesin ini bertenaga maksimum 84,6 kW. Tenaga dari jantung pacunya diteruskan oleh transmisi constant mesh 6-percepatan.

 

Seputar Naked Bike Yamaha MT-09 Lainnya

(kpl/why/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami