Rolls-Royce versi China, Hongqi L5 yang Jadi Mobil Termahal di Tiongkok

Volvo pernah menyebutkan bahwa mobil yang dibuat di China lebih baik daripada Eropa. Hal ini sempat mematahkan stigma tentang mobil yang dibuat di China.

Minggu, 29 Juli 2018 16:15
Foto by Autoevolution
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Volvo pernah menyebutkan bahwa mobil yang dibuat di China lebih baik daripada Eropa. Hal ini sempat mematahkan stigma tentang mobil yang dibuat di China.

Tapi, jelas hal tersebut tak serta merta membuat semua orang merubah pandangannya. Melansir Autoevolution, sebuah limosin buatan China pun bisa menarik perhatian seoran Jeremy Clarkson.

Foto by autoevolution

Clarkson bersama timnya ke China untuk melakukan syuting serial The Grand Tour. Seperti orang-orang pada umumnya, Clarkson pun membawa stigma lokal tentang mobil buatan China.

Dalam video yang beredar, nyatanya Clarkson menyebut bahwa limosin Hongqi L5 adalah mobil yang keren. Kira-kira 4 tahun yang lalu, limosin retro modern yang juga disebut sebagai Rolls-Royce versi China ini menyandang gelar mobil paling mahal di China, seharga USD 800.000 atau Rp 11,5 miliar.

Foto by autoevolution

Limosin itu terlihat dibangun dengan mengkombinasikan antara Maybach 600 dan Chrysler tahun 1960-an. Beratnya pun mencapai 3 ton dengan lebar 2 meter.

Sedangkan mesinnya, Hongqi L5 menggunakan mesin 6L V12 yang bertenaga 408 hp dengan torsi 550 Nm yang dikombinasikan dengan gearbox 6-percepatan.

Foto by autoevolution

Hongqi yang berarti bendera merah, adalah pabrikan tertua di China. Mereka membaut tiga versi L5, satu untuk pemerintah, satu untuk parade dan model sipil.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami