Robot Pebalap Yamaha Diciptakan Buat Kalahkan Rossi?

Robot ini mampu menarik akselerasi motor standar sekelas Yamaha YZF-R1 hingga menembus kecepatan 200 km/h!

Kamis, 29 Oktober 2015 13:15
Yamaha Motobot Ver.1 by Yamaha
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Babak baru dalam dunia otomotif dibuka bersamaan dengan dihelatnya event akbar otomotif dari negeri Sakura, Tokyo Motor Show (TMS) 2015. Sebagai salah satu acara yang berada di 'rumah' para produsen motor-mobil paling berpengaruh di dunia, tentu saja dipastikan banyak varian-varian baru akan terlahir di sini.

Yamaha sebagai salah satu raksasa dunia dikabarkan sedang merancang robot pebalap yang sanggup menggeber motor tunggangannya dengan kecepatan layaknya pebalap manusia professional. Berdasarkan penuturan resmi Yamaha, ia disebut sebagai Motobot Ver.1 yang dilahirkan dari hasil kombinasi antara motorcycle dan robotics technology.

Research and Development Yamaha berencana untuk mewujudkan sebuah robot yang mampu menarik akselerasi motor standar sekelas Yamaha YZF-R1 hingga menembus kecepatan 200 km/h!

Pekerjaan rumah terbesar Yamaha terbebani pada kemampuan robot untuk mengendalikan keadaan yang sangat komplek saat motor melaju dalam kecepatan tinggi dan kemungkinan dibutuhkannya berbagai control system yang harus dioperasikan secara tepat dan akurat.

Yamaha sendiri mengaku ingin mengaplikasikan fundamental technology dan mempelajari lebih jauh tentang segala tantangan dan kesulitan selama proses penciptaan inovasi baru tersebut. Dengan demikian mereka akan berhasil menjadi pioneer dalam dunia bisnis yang telah memakai standar advanced rider safety and rider support system.

Dalam akun resmi Facebook Young Machine bahkan sedikit membuat guyonan bahwa Motobot Ver.1 sanggup menyaingi pebalap MotoGP sekelas Valentino Rossi. Mungkinkah bisa sedemikian tangguhnya?

KABAR MENARIK BERIKUTNYA

(kpl/sdi)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami