Risiko Salah Pilih Kaca Film saat Hujan

Kaca film yang salah berisiko mengganggu pandangan mata. Begini seharusnya memilih kaca film yang benar.

Rabu, 24 November 2021 20:00
Risiko Salah Pilih Kaca Film saat Hujan Mobil kehujanan (V-Kool Indonesia)

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Curah hujan yang tinggi di beberapa daerah Indonesia memaksa pengendara untuk ekstra waspada. Permasalahannya ada pada jarak pandang yang tipis, disertai embun serta pemilihan kaca film yang salah.

Semakin tinggi tingkat kegelapan kaca film, akan memengaruhi visibilitas. Terutama bila dipasang untuk kaca depan. 

Menurut Billy Susanto, Head of Aftersales PT V-KOOL Indo Lestari, kaca film untuk kaca depan mobil paling pas memiliki tingkat kegelapan tidak lebih dari 40%. Di atas itu, pandangan mata semakin terhambat, apalagi saat bulir-bulir air mengalir melewatinya.

Billy menyarankan untuk menggunakan kaca film yang sudah menggunakan spectrally selective technology seperti yang ada pada produk-produk mereka. Teknologi ini menghasilkan kaca film yang nyaman di berbagai kondisi cuaca.

"Pastikan kaca film Anda berkualitas baik, sehingga kejelasan daya pandang yang dihasilkan tidak berkurang," ungkap Billy.

Penjelasan sederhananya, kaca film V-Kool memiliki tampilan seperti kaca bening, sehingga cahaya masuk tetap terjaga untuk mengoptimalkan pandangan mata.

Namun ketika dipakai pada terik siang hari, kuat mengurangi efek panas cahaya matahari yang menerobos ke dalam kabin.

Spesifikasi yang tidak boleh ketinggalan ialah material polyester berkualitas premium. Hanya 1% dari produksi polyester di dunia yang memenuhi standar tinggi V-Kool, sehingga memastikan produk mereka telihat bening natural.

V-Kool kemudian merekomendasikan tipe VK70 yang banyak peminatnya di Indonesia. Kaca film ini memiliki kemampuan 70% Visible Light Transmission, 8.0% Visible Light Reflectance, 55% Total Solar Energy Rejection dan 99% UV Light Rejection.

 

 

1 dari 2 Halaman

Cegah Kaca Buram saat Hujan

Dianjurkan memakai lap tersendiri untuk membersihkan kaca (autogeekonline.net)

Selain faktor pemilihan, penting untuk menjaga kaca film selalu bening dan anti buram.

Posisinya memang di bagian dalam, tapi tidak jarang tersentuh tangan. Umumnya, kaca film sering menjadi sarang minyak sehingga mengganggu pandangan.

Agar mobil ready menghadapi hujan, pastikan kaca film selalu bersih dengan mengelapnya setiap saat. Ingat, jangan gunakan cairan khusus yang justru berpotensi merusaknya, karena umumnya terdapat zat tertentu di dalamnya.

"Sebaiknya bersihkan saja menggunakan air biasa. Kalau ada noda, bisa dibasahkan dengan air lalu dilap hingga bersih dan kering," imbuh Billy.

Jenis lap pun penting untuk diperhatikan. Pakailah lap tersendiri dengan bahan lembut dan bersih, serta tidak digunakan untuk menggosok bagian mobil lain.

Di samping itu, jangan lupa untuk memerhatikan soal kesehatan Air Conditioner (AC) yang mampu menghalau embun di kala hujan. Pastikan juga wiper masih berfungsi sempurna untuk menyapu air dan sering-seringlah membersihkan kaca bagian luar untuk menghindari tumbuhnya jamur kaca.

 

2 dari 2 Halaman

(kpl/sdi)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami